Program kelas aliyah khusus sebagai aktualisasi pembinaan akhlak peserta didik pada era disrupsi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Shofiyatuz (2024) Program kelas aliyah khusus sebagai aktualisasi pembinaan akhlak peserta didik pada era disrupsi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiyatuz Zahro_06020120050.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Shofiyatuz Zahro_06020120050_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (4MB)

Abstract

Program Kelas Aliyah Khusus yaitu sebuah kelas yang di desain khusus oleh sekolah sebagai maskot dalam mengembangkan nama baik sekolah SMA Wachid Hasyim 2 Taman dalam bidang keagamaan. Kelas Aliyah khusus ini memiliki program yakni mempelajari kitab-kitab salaf yang ada di pondok pesantren seperti Al-Jurumiyah, Amsilatul Tashrifiyah, Mabadi’ul Fiqh, Akhlak Lil-Banin, dan Tafsir Al-Iklil Juz 30. Di dalam program kelas Aliyah khusus ini mempelajari kitab-kitab salaf secara mendalam serta mempratikkannya secara langsung dalam memahami, membaca kitab, serta peserta didik akan di uji di akhir semester. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perkembangan akhlak peserta didik yang dipengaruhi oleh era disrupsi teknologi dan informasi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo, (2) Untuk mendeskripsikan proses program kelas aliyah khusus sebagai aktualisasi pembinaan akhlak peserta didik pada era disrupsi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo, (3) untuk mendeskripsikan relevansi program kelas aliyah khusus terhadap kondisi akhlak peserta didik pada era disrupsi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi, dalam menganalisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, seta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kondisi akhlak peserta didik yang dipengaruhi oleh era disrupsi teknologi dan informasi di SMA Wachid Hasyim 2 Taman dari tahun ke tahun mengalami peningkatan akhlak baik yang signifikan. (2) Pelaksanaan program kelas Aliyah khusus ini dilakukan setiap hari Senin hingga Kamis, dimulai pukul 15.00 hingga 16.00 WIB. Materi yang dipelajari mencakup kitab-kitab salaf yang umumnya diajarkan di pondok pesantren, termasuk Akhlak Lil Banin, Amsilatul Tashrifiyah, Al-Jurumiyah, Mabadi’ Fiqh, dan Tafsir Al-Iklil juz 30. (3) Relevansi program kelas Aliyah khusus dengan kondisi akhlak peserta didik di era disrupsi ini sangat berkaitan. Didalam kelas Aliyah khusus ini mempelajari tentang kitab-kitab khussnya kitab akhlak lil banin menjelaskan tentang akhlak dalam kehidupan sehari-hari seperti, penjelasan tentang adab kepada bapak ibu guru, adab kepada teman sebaya, dan adab kepada kedua orangtua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Shofiyatuzshofiyatuzz1805@gmail.com06020120050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyudi, Muhammad--2001045703
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Keywords: Program kelas aliyah khusus; aktualisasi; pembinaan; akhlak; era disrupsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shofiyatuz Zahro
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:58
Last Modified: 03 Apr 2024 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69437

Actions (login required)

View Item View Item