Representasi akidah dalam tradisi ruwat air di Wisata Tirtosari Desa Penanggal Lumajang: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahani, Aufa Azmia (2024) Representasi akidah dalam tradisi ruwat air di Wisata Tirtosari Desa Penanggal Lumajang: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aufa Azmia Rahani_04020120040.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aufa Azmia Rahani_04020120040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui representasi akidah dalam tradisi ruwat air di Wisata Tirtosari Desa Penanggal Lumajang dan bagaimana proses analisis semiotik Roland Barthes pada tradisi ruwat air di Wisata Tirtosari Desa Penanggal Lumajang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis semiotik Roland Barthes yang menjadi pisau analisis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi akidah dalam tradisi ruwat air di Wisata Tirtosari Desa Penanggal adalah mempresentasikan akidah yang berupa keimanan kepada Allah SWT, Kitab suci Al Qur’an, Rasul, dan Qada Qadar dan Analisis semiotik Roland Barthes pada penelitian ini mengasilkan Tanda berupa Ruwat Air, Petanda yang terdiri dari pra acara (Istighosah, Khotmil Qur’an, dan Pawai Obor), acara pembuka (Kirab, Grebeg Suro, Menari di atas Air), acara inti (Basuh Muka dan Kenduri) dan acara penutup (Kembul Bujana dan Wayang Ruwat), Denotatif yang berupa Do’a bersama dan bancakan atau makan bersama, Konotatif yang berupa bentuk rasa syukur, dan Mitos berupa menyelamati sumber air. Peneliti merekomendasikan agar pada penelitian selanjutnya dapat meneliti dan mengkaji lebih dalam dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda dengan harapan dapat memiliki nilai kebaruan dalam penelitian tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahani, Aufa Azmiaaufa041201@gmail.com04020120040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah
Keywords: Tradisi ruwat air; representasi; akidah
Depositing User: Aufa Azmia Rahani
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:23
Last Modified: 03 Apr 2024 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69439

Actions (login required)

View Item View Item