Analisis penetapan harga jual batu bata perspektif teori harga Ibnu Taimiyah di Desa Dimong Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurbaiti, Andini Wahyu (2024) Analisis penetapan harga jual batu bata perspektif teori harga Ibnu Taimiyah di Desa Dimong Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andini Wahyu Nurbaiti_G94219135.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Andini Wahyu Nurbaiti_G94219135_Full.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk menganalisis penetapan harga batu bata di Desa Dimong, serta analisis tinjaun teori harga Ibnu Taimiyah terhadap hasil analisis penetapan harga tersebut. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif merupakan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Observasi, kajian pustaka, dokumentasi, dan wawancara digunakan untuk memperoleh data. Dalam hal ini adalah penjual batu bata di Desa Dimong Madiun. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa harga batu ditentukan oleh penjual tanpa melibatkan pihak ketiga, faktor penawaran dan permintaan, termasuk biaya produksi, mempengaruhi harga, dan unsur tersebut bersifat sukarela dan terjadi secara alami sesuai dengan kondisi pasar. Tidak peduli siapa pembelinya, keuntungan selalu diambil. Pemebrian diskon atau harga miring untuk pembeli yang berhutang budi dan juga dengan kerabat dekat. Pemerintah tidak ikut campur dalam penentuan harga Hasil tersebut sesuai dengan tinjauan teori harga ibnu taimiyah diantaranya: Harga yang setara, pengambilan laba yang lazim dilakukan oleh pedagang batu bata dan juga naik turunnya harga dikarenakan faktor penawaran dan permintaan. Kompensasi yang setara, pemberian kompensasi pedgang batu bata setara dengan apa yang dikerjakan oleh pembeli. Saran untuk pemerintah Desa Dimong khususnya agar melakukan pendampingan saat penetapan harga berlangsung meskipun batu bata bukan bahan pokok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurbaiti, Andini Wahyuandiniwahun01@gmail.comG94219135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Industri Kecil
Pedagang
Keywords: Penetapan harga; batu Bata; Ibnu Taimiyah
Depositing User: andini wahyu nurbaiti
Date Deposited: 03 Apr 2024 02:18
Last Modified: 03 Apr 2024 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69441

Actions (login required)

View Item View Item