Tren gaya hidup minimalis sebagai upaya menjaga lingkungan idup di era modern: studi netnografi komunitas Lyfe With Less

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrota (2024) Tren gaya hidup minimalis sebagai upaya menjaga lingkungan idup di era modern: studi netnografi komunitas Lyfe With Less. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrota A'yun_10020320064 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Qurrota A'yun_10020320064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 April 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gaya hidup minimalis pada anggota Komunitas Liyfe With Less dalam aktivitas sehari-hari serta kontribusinya dalam upaya menjaga lingkungan hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah netnografi dengan analisis teori tindakan sosial Max Weber. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi netnografis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya hidup minimalis pada anggota Komunitas Lyfe With Less yakni decluttering, menggunakan barang sampai habis atau rusak, bijaksana dalam berkonsumsi, serta menggunakan barang yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Adapun kontribusi gaya hidup minimalis sebagai upaya menjaga lingkungan yakni mengurangi sampah, mendorong penggunaan bahan yang ramah lingkungan, mengurangi carboon footprint, dan pengalihan menuju sistem ekonomi sirkular.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, QurrotaAyunlifiya10@gmail.com10020320064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id2002087005
Subjects: Sosiologi
Keywords: Tren; gaya hidup minimalis; lingkungan hidup.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Qurrota Ayun Ayun
Date Deposited: 03 Apr 2024 01:42
Last Modified: 03 Apr 2024 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69446

Actions (login required)

View Item View Item