Implementasi kebijakan responsif gender pemerintah Indonesia dalam perlindungan pekerja migran Indonesia di kawasan ASEAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syadida, Nuvi Nur (2024) Implementasi kebijakan responsif gender pemerintah Indonesia dalam perlindungan pekerja migran Indonesia di kawasan ASEAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuvi Nur Syadida_10040220097.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nuvi Nur Syadida_10040220097_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi kebijakan yang responsif gender oleh Pemerintah Indonesia dalam upaya perlindungan pekerja migran Indonesia di Kawasan ASEAN, khususnya Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk implementasi kebijakan responsif gender yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam upayanya memberikan perlindungan bagi PMI di kawasan ASEAN. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian, peneliti menemukan empat impelementasi kebijakan responsif gender Pemerintah Indonesia dalam perlindungan PMI di Kawasan ASEAN, yaitu: pertama, pembentukan program Bina Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (BK-TKI); kedua, program Desa Migran Produktif; ketiga, peluncuran Buku Panduan Teknis Penyelenggaraan Layanan dan Perlindungan PMI yang Responsif Gender; dan keempat, aktif dalam forum regional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syadida, Nuvi Nurnuvisyd1@gmail.com10040220097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiregar, Wahidah Zein Brwahidahsiregar@uinsby.ac.id2005016903
Subjects: Gender
Hubungan Internasional
Kebijakan Publik
Keywords: Pekerja migran Indonesia; responsif gender; implementasi kebijakan; perlindungan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nuvi Syadida
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:37
Last Modified: 16 Apr 2024 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69459

Actions (login required)

View Item View Item