Upaya nation branding oleh pemerintah Indonesia melalui International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF) pada pertemuan G20 Tahun 2022 di Solo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Dwi Setyo (2024) Upaya nation branding oleh pemerintah Indonesia melalui International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF) pada pertemuan G20 Tahun 2022 di Solo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Setyo Rini_10020220038 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dwi Setyo Rini_10020220038 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia, sebagai tuan rumah G20 pada tahun 2022 mempunyai kesempatan untuk menyelenggarakan side event yang dapat mempromosikan citra pariwisata Indonesia dibidang wellness. Tulisan ini menggambarkan bagaimana Indonesia memanfaatkan momentum G20 dalam mengupayakan nation branding, khususnya dibidang wellness tourism melalui side event International Wellness Tourism Conference & Festival (IWTCF). Penulis beragumen bahwa Indonesia secara strategis mempromosikan potensi wellnes tourism yang dimiliki melalui penyelenggaraan International Wellness Tourism Conference & Festival dalam forum G20 tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan data, serta memiliki tujuan untuk menggambarkan berbagai upaya-upaya pemerintah Indonesia dalam mengupayakan nation branding pada International Wellness Tourism Conference & Festival semasa memimpin G20 tahun 2022 yang diadakan di Solo. Penelitian ini menggunakan konsep nation branding Hexagon dari Simon Anholt yang terdiri dari enam elemen yakni, Tourism, People, Governance, Exports, Culture and Herritage, Investment and Immigration. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan enam elemen nation brand hexagon telah dilakukan diberbagai rangkaian kegiatan International Wellness Tourism Conference & Festival. Hal tersebut menumbuhkan dampak positif terhadap citra pariwisata wellness Indonesia dimata publik, khususnya negara yang tergabung dalam forum G20.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Dwi Setyodwisetyorini2511@gmail.com10020220038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki RahmadiniUNSPECIFIED199003252018012001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Nation branding; International Wellness Tourism Conference & Festival; wellnes tourism; forum G20
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Dwi Setyo Rini
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:22
Last Modified: 19 Apr 2024 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69460

Actions (login required)

View Item View Item