Strategi guru dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofiyah, Fa'iqotus (2024) Strategi guru dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fa'iqoyus Sofiyah_06010120006 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Fa'iqoyus Sofiyah_06010120006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gaya belajar seseorang menggambarkan bagaimana mereka memperoleh, mengatur, dan mengolah informasi atau materi pembelajaran. Gaya belajar seseorang sangat beragam karena seseorang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Tentunya gaya belajar atau proses pemahaman seseorang juga berbeda-beda, sehingga dalam menyikapi rangsangan atau informasi, ada siswa yang lebih senang menyikapi informasi sendirian, ada pula yang lebih suka menyikapi informasi secara bersama-sama, misalnya dengan membentuk kelompok. Secara umum gaya belajar ada tiga: visual (melihat), auditori (mendengar), dan kinestetik (mendemonstrasikan atau mempraktekkan). Guru harus mengakomodasi semua jenis gaya belajar. Untuk tujuan ini, penelitian dilakukan. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui bagaimana gaya belajar peserta didik dan cara memetakannya serta untuk mengetahui bagaimana startegi guru dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di UPT SMPN 3 Gresik. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana data akan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Setelah itu teknik analisis data yakni, Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki gaya belajar visual. Mereka lebih menyukai membaca buku dan menulis di papan daripada mendengarkan ceramah. Begitupun terdapat beberapa cara dalam memetakan gaya belajar peserta didik meliputi: asesmen diagnostik, mengamati peserta didik di kelas, memberikan kuisioner kepada peserta didik dan wawancara. Kemudian strategi guru dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di UPT SMPN 3 Gresik didasarkan pada pendekatan yang intensif kepada seluruh peserta didik, guru PAI memerlukan pendekatan yang berbeda dari biasanya. Biasanya dilakukan dengan cara menerapkan metode belajar yang beragam, menggunakan strategi pembelajaran yang memenuhi sebagian besar gaya belajar peserta didik di kelas, kerja kelompok dan memberi refleksi dan umpan balik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofiyah, Fa'iqotusqotusshofia@gmail.com06010120006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Islam
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi guru; pembelajaran berdiferensiasi; gaya belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fa'iqotus Sofiyah
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:16
Last Modified: 04 Apr 2024 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69465

Actions (login required)

View Item View Item