Perkembangan wacana gender di Neswa.id dalam perspektif Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Eka Ananda (2024) Perkembangan wacana gender di Neswa.id dalam perspektif Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Ananda Sari_07020120027 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Eka Ananda Sari_07020120027 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perkembangan wacana gender di salah satu website keislaman bernama Neswa.id dengan menggunakan teori analisis wacana kritis perspektif Teun A. Van Dijk. Neswa.id adalah website yang memuat berbagai informasi dalam bentuk artikel-artikel tentang keislaman dan keperempuanan. Pada artikel-artikel tersebut terdapat wacana yang terkandung di dalamnya, serta wacana tersebut mengalami perkembangan pada setiap tahunnya. Penelitian ini akan meneliti tentang bagaimana perkembangan wacana gender di Neswa.id pada setiap tahunnya dan perkembangannya jika ditinjau dari teori analisis wacana kritis perspektif Teun A. Van Dijk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang berupaya menjelaskan dan menarasikan hasil penelitian dengan menelaah sumber data yang sesuai dengan pembahasan. Metode ini menggunakan sumber data berupa kajian-kajian terdahulu seperti jurnal, buku, skripsi, tesis, dan disertasi yang berhubungan dengan topik pembahasan, serta menggunakan pendekatan analisis wacana untuk menganalisa artikel-artikel dalam Neswa.id. Dalam analisis wacana kritis perspektif Teun A. Van Dijk, tidak hanya teks saja yang diteliti, namun juga memperhatikan bagaimana kesadaran penulis dalam membuat teks dan bagaiamana wacana berkembang dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perkembangan wacana di Neswa.id dalam artikel-artikelnya dilihat dari kognisi dan konteks sosial yang berkembang pada setiap tahunnya, menunjukkan bahwa pada perkembangan wacana gender di Neswa.id merujuk pada gerakan feminisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Eka Ananda07020120027@student.uinsby.ac.id07020120027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodri.arievv@gmail.com197011172005011001
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Gender
Wanita dalam Islam
Keywords: Perkembangan; wacana; gender
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Eka Ananda Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:01
Last Modified: 04 Apr 2024 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69472

Actions (login required)

View Item View Item