Representasi pesan dakwah pengingat kematian pada lirik lagu Selimut Putih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Florensa, Angelica Cindhana (2024) Representasi pesan dakwah pengingat kematian pada lirik lagu Selimut Putih. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Angelica Cindhana Florensa_04040120079 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Angelica Cindhana Florensa_04040120079 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengandung penelitian yang membahas representasi pesan dakwah pengingat kematian yang terdapat dalam lirik lagu “Selimut Putih”. Tujuan melakukan penelitian ini yakni agar mengetahui lirik lagu yang merujuk kepada representasi pengingat kematian melalui analisis semiotika Charles Peirce. Penelitian pada skripsi ini mengambil jenis pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian Analisis Teks Media. Teks media yang dianalisis pada penelitian skripsi yaitu lirik lagu “Selimut Putih”. Tidak hanya melihat lirik lagu sebagai teks semata, namun juga mempelajari lebih lanjut makna pesan dakwah yang mengandung representasi pengingat kematian di dalamnya. Hasil analisis dalam penelitian yang dilakukan adalah lagu “Selimut Putih” merepresentasikan pesan dakwah pengingat kematian. Tiap lirik lagu memberikan pesan serta pengingat mengenai kematian yang terjadi pada manusia. Kalimat yang digunakan juga mudah dipahami, sehingga pesan dalam lagu tersebut bisa diingat baik oleh pendengar. Representasi pengingat kematian dalam lagu ini diawali dengan datangnya Malaikat Izrail untuk mencabut nyawa manusia. Setelah itu, jasad mereka akan dikebumikan ke dalam liang lahad menggunakan selimut putih. Dalam liang lahad nanti, manusia akan sendirian tanpa didampingi siapapun untuk menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir. Untuk rekomendasi penelitian selanjutnya, adanya penelitian lebih lanjut tentang lagu “Selimut Putih”. Terutama penelitian yang berfokus pada lagu “Selimut Putih” versi Ahmad Baqi. Hal ini bertujuan adanya perbedaan hasil analisis dari kedua versi lagu yang berbeda. Rekomendasi lain untuk penelitian ini adalah adanya penelitian lapangan yang mengkaji fenomenologi pengingat kmatian dalam lirik lagu "Selimut Putih". Penelitian lapangan ini dapat berfokus pada kontruksi yang dibangun di lirik lagu tersebut kemudian diteliti lebih lanjut realitas sosial di dalamnya. Realitas sosial yang ditemukan juga berdasarkan pengingat kematian dalam lirik lagu "Selimut Putih".

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Florensa, Angelica Cindhanalicabakso@gmail.com04040120079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEmeraldien, Fikry Zahriafikry.zahria.emeraldien@uinsby.ac.id0028088902
Subjects: Alam Barzah
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Representasi pesan dakwah; lagu Selimut Putih; semiotika Charles Sanders Peirce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Angelica Cindhana Florensa
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:17
Last Modified: 03 Apr 2024 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69481

Actions (login required)

View Item View Item