Analisis strategi pemasaran Roso Bakery Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan omzet penjualan perspektif Syakir Sula

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikah, Dalfaul Afifatu (2024) Analisis strategi pemasaran Roso Bakery Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan omzet penjualan perspektif Syakir Sula. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dalfaul Afifatu Solikah_08010420006 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dalfaul Afifatu Solikah_08010420006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Selain itu UMKM merupakan penyumbang pendapatan perkapita terbesar serta tahan terhadap krisis perekonomian negara. Industri makanan, seperti bisnis bakery, memiliki prospek yang cerah dalam dunia bisnis, seperti yang terlihat dari Roso Bakery. Namun, fluktuasi penjualan yang dialami Roso Bakery menunjukkan perlunya strategi pemasaran yang tepat. Selain itu persaingan bisnis yang sengit mendorong para pengusaha untuk mengambil berbagai langkah tanpa mempertimbangkan prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjawab rummusan masalah terkait strategi yang dilakukan Roso Bakery Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan omzet penjualan ditinjau dari perspektif Syakir Sula.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Roso Bakery melalui sosial media (facebook dan whatsapp) serta strategi dari mulut ke mulut cukup efektif, namun terjadi penurunan tingkat penjualan pada tahun terakhir. Adapun hal tersebut terjadi karena kurang gencarnya Roso bakery dalam melakukan promosi. Selain menerapkan strategi pemasaran konvensional, Roso bakery ternyata juga menerapkan strategi pemasaran syariah yang meliputi ketuhanan (rabbaniyyah), menjunjung tinggi akhlaq mulia (akhlaqiyah), realistis (al waqiyyah), dan humanistis (insaniyyah). Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, Roso Bakery dapat memperkenalkan sebuah sarana untuk menerima masukan dan saran dari pelanggan melalui kotak saran. Roso bakery juga diharapkan lebih gencar lagi dalam melakukan promosi produk, seperti dengan melakukan promosi iklan pada sosial media dan pemberian diskon pada pembelian produk tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikah, Dalfaul Afifatudalfaulafifatus@gmail.com08010420006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsa.ac.id2023098002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: strategi pemasaran; omzet penjualan; pemasaran Syakir Sula
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dalfaul Afifatu Solikah
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:19
Last Modified: 04 Apr 2024 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69482

Actions (login required)

View Item View Item