PENGARUH KEBERADAAN JHMS (JAM'IYYATUL HUFFADZ MAHASISWA SURABAYA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR ULUMUL QUR'AN DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Endang Eko (1999) PENGARUH KEBERADAAN JHMS (JAM'IYYATUL HUFFADZ MAHASISWA SURABAYA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR ULUMUL QUR'AN DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk aktifitas JHMS dalam hifdzil Qur’an dan juga mengembangkan ilmu-ilmu Qur’an bagi para aggotanya, bagaimana prestasi belajar ulumul Qur’an anggota JHMS yang kuliah di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya, dan sejauh mana pengaruh keberadaan JHMS terhadap prestasi belajar Ulumul Qur’an di Fakultas tersebut. Penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini sumber data yang dihimpun populasinya terdiri 14 orang yang kuliah di Fakultas Tarbiyah IAIN sunan Ampel surabaya, sehingga penelitiannya bukan penelitian sampel akan tetapi penelitian populasi. Sedang jenis data yang dihimpun berupa data nominal dan data kontimum. Teknik pengumpulan datanya berupa angket atau kuisioner, interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Metode analisa datanya berupa deskriptif kualitatif yaitu: 76% - 100% = baik, 56% - 76% = cukup baik, 40% - 56% = kurang baik, kurang dari 40% = tidak baik, dan juga berupa deskriptif statistik. Penelitian ni memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) aktiifitas yang ada di JHMS cukup banyak, kajian yang membahas tentang ilmu-ilrnu al Qur'au maupun kajian tentang ilmu-ilmu lain yang menunjang prestasi belajar ilmu-ilmu al Qur'an, disamping itu JHMS menyediakan fasilitas yang memadai dalarn menunjang prestasi belajar anggotanya dalarnbidary ilmu-ilmu al Qur'an (2) nilai rata-rata prestasi belajar Ulumul Qur'an dari 14 orang anggota JHMS di Fakultas Tsrbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya mencapai 3,86 yang berarti masuk kategori sangat memuaskan, sedangkan nilai prestasi Ulumul Qur'an mahasiswa Fakultas Tarbiyah bukan anggota JHMS rata-rata 3,28 (3) koefisien korelasi keberadaan JHMS dan prestasi belajar Ulunul Qur'an setelah melalui perhitungan dengan rumus product moment mencapai 0,769 bila diinterpretasikan dengan cara sedstana pada tingkat 0,600 sampai 0,800 termasuk kategori cukup tinggi, (4) perbanidingan prestasi belajar ulumul Qur'an antara mahasiswa Fakultas Tarbiyah anggota JHMS dengan rmahasiswa Fakultas Syari’ah bukar anggota JHMS ditemukan perbedaan, ini berarti hipotesa kerja diterima dan hipotesa nihil ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Anwar Rasjid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Endang EkoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Jamiyyatul Huffadz; mahasiswa; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:50
Last Modified: 24 Jun 2016 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item View Item