Penerapan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Bunga Harapan 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Nur (2024) Penerapan media kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Bunga Harapan 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Latifah_D99219058 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Nur Latifah_D99219058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan pada siswa kelompok A dalam mengenal angka Di TK Bunga Harapan II Lamongan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil belajar siswa dalam mengenal angka 1-10 bahwa siswa yang tidak tuntas sebesar 14,28% dan 35,71% (Mulai Berkembang).Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar dengan penggunaan media bermain kartu angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 setelah penggunaan media bermain kartu angka pada kelompok A Di TK Bunga Harapan II Lamongan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahapan yaitu : perancanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penilaian non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Berdasarkan hasil dari siklus I, penerapan media kartu angka arab pada kelompok A TK Bunga Harapan II Lamongan masih belum bisa dikatakan berhasil. Hal tersebut dibuktikan dari observasi guru pada siklus I mendapatkan nilai 57,14% (Cukup), observasi aktivitas siswa memperoleh nilai sebesar 54,42% (Cukup), kemudian presentase ketuntasan anak dalam mengenal angka 1-10 belum mencapai kriteria 70% yaitu hanya memperoleh 64,28% dan masih terdapat anak yang belum tuntas atau mulai berkembang sebanyak 5 anak. Maka dari itu, agar memperoleh hasil yang maksimal perlu adanya tahap siklus II. 2) Kemudian hasil dari siklus II mengalami peningkatan dan dapat dikatakan berhasil dikarenakan guru memberikan variasi media pembelajaran yang menarik dan baru berupa media kartu angka bergambar buah apel. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi guru pada siklus II meningkat dari 57,14% (Cukup) menjadi 82,85% (Sangat Baik). Begitupun pada observasi aktivitas siswa meningkat dari 54,42% (Cukup) menjadi 87,14% (Sangat Baik). Kemudian hasil ketuntasan siswa dalam mengenal angka 1-10 berkembang sangat baik dan nilai rata-rata dari 64,46% (Mulai Berkembang) menjadi 81,25% (Berkembang Sesuai Harapan) pada siklus II nya yang mana sudah memenuhi indikator yang sudah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Nurnur.latifah1299@gmail.comD99219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Anak
Metode Pembelajaran
Keywords: Media kartu angka; mengenal angka 1-10; anak kelompok A
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Latifah
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:56
Last Modified: 04 Apr 2024 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69495

Actions (login required)

View Item View Item