Pengembangan media pembelajaran video animasi berbantu games wordwall untuk meningkatkan literasi numerasi ditinjau dari gaya belajar siswa mata pelajaran matematika di MI Nurul Huda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Durroh Nasihatul (2024) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbantu games wordwall untuk meningkatkan literasi numerasi ditinjau dari gaya belajar siswa mata pelajaran matematika di MI Nurul Huda Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durroh Nasihatul Ummah_02041022003 OK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Durroh Nasihatul Ummah_02041022003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar menjadi salah satu kajian yang penting dalam membekali siswa agar memiliki kemampuan menghitung dan mengolah data. Banyak siswa yang menganggap matematika sebagai beban dan mata pelajaran yang sulit, padahal sulit atau tidaknya pembelajaran, bergantung pada proses pembelajaran itu sendiri. Proses pembelajaran yang kurang menarik dan tidak menyenangkan serta cara mengajar guru yang hanya berjalan satu arah akan membuat siswa kesulitan menerima materi yang disampaikan, sehingga diperlukan media pembelajaran sebagai alternatif menyenangkan dalam menyampaikan materi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan desain pengembangan media video animasi berbasis games wordwall untuk meningkatkan literasi numerasi ditinjau dari gaya belajar siswa, 2) Menguraikan kevalidan media video animasi berbasis games wordwall untuk meningkatkan literasi numerasi ditinjau dari gaya belajar siswa, 3) Menjabarkan kepraktisan media video animasi berbasis games wordwall untuk meningkatkan literasi numerasi ditinjau dari gaya belajar siswa 4)Menganalisis keefektifan media video animasi berbasis games wordwall untuk meningkatkan literasi numerasi ditinjau dari gaya belajar siswa.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development model ADDIE yang melalui lima tahap diantaranya analisis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek peneilitian ini adalah 20 siswa kelas VI MI Nurul Huda Surabaya. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan ANCOVA berbantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan desain video animasi berbantu games wordwall dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa. Kevalidasn media pembelajaran oleh ahli memperoleh rata-rata 4,28 sebesar 86% sehingga sangat valid. Kepraktisan media secara teori oleh ahli menyatakan praktis dengan sedikit revisi, sedangkan secara praktik oleh respon siswa memperoleh rata-rata 4,40 sehingga sangat praktis. Keefektifan media dengan mengontrol kemampuan awal melalui uji ancova memperoleh nilai signifikasi 0,005 lebih kecil 0,05 artinya Ho ditolak sehingga literasi numerasi siswa yang menerapkan media video animasi berbantu games wordwall lebih baik daripada siswa yang tidak menerapkan media video animasi dan games wordwall. Sementara itu, literasi numerasi siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dibandingkan gaya belajar auditorial dan kinestetik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Durroh Nasihatuld.shihaummah@gmail.com02041022003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Matematika
Psikologi > Psikologi Anak
Keywords: Media Pembelajaran; Video Animasi; Wordwall; Gaya Belajar; Literasi Numerasi; Matematika
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Durroh Nasihatul Ummah
Date Deposited: 02 Apr 2024 01:06
Last Modified: 02 Apr 2024 01:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69504

Actions (login required)

View Item View Item