Peran perempuan dalam budaya lokal berkelanjutan: analisis pada Tari Seblang di Desa Olehsari perspektif feminisme Islam Etin Anwar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elfiqri, Ava Fahmi Yusif (2024) Peran perempuan dalam budaya lokal berkelanjutan: analisis pada Tari Seblang di Desa Olehsari perspektif feminisme Islam Etin Anwar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ava Fahmi Yusif Elfiqri_07030120061 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ava Fahmi Yusif Elfiqri_07030120061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari adanya ketimpangan gender yang masih kerap kali terjadi di Indonesia, peran perempuan dinilai hanyalah peran domestik saja, sedangkan ranah publik dikuasai oleh kaum laki-laki. Namun, pada nyatanya perempuan memiliki peran penting dalam ranah publik, salah satunya dalam pelestarian budaya lokal Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran perempuan dalam budaya lokal berkelanjutan pada Tari Seblang di Desa Olehsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian juga melalui para penari Tari Seblang di Desa Olehsari menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisa teori feminisme islam Etin Anwar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu kesadaran masyarakat akan pentingnya peran perempuan dalam melestarikan budaya lokal Indonesia, salah satunya yaitu Tarian Seblang di Desa Olehsari, dengan begitu hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengambil alih hak-hak perempuan pada budaya lokal Seblang yang ada di Desa Olehsari, tak terkecuali pada masyarakat di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elfiqri, Ava Fahmi Yusifavafahmi6@gmail.com07030120061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmujitasmuji@gmail.com2027096201
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Keywords: Perempuan; budaya lokal berkelanjutan; tari Seblang; Feminisme Islam Etin Anwar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ava Fahmi Yusif Elfiqri
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:52
Last Modified: 04 Apr 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69505

Actions (login required)

View Item View Item