Analisis pengembangan Wisata Lontar Sewu terhadap kesejahteraan masyarakat lokal perspektif Maqasid Al Shariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fortuna, Dilla Lutfiah (2024) Analisis pengembangan Wisata Lontar Sewu terhadap kesejahteraan masyarakat lokal perspektif Maqasid Al Shariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dilla Lutfiah Fortuna_08020420045 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Dilla Lutfiah Fortuna_08020420045 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Pengembangan Objek Wisata Lontar Sewu terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal Perspektif Maqa>s{id al-Shari>’ah”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Lontar Sewu sehingga dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat lokal ditinjau dari prspektif Maqa>s{id al-Shari>’ah. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis data deskriptif dan menggunakan sumber data primer yaitu catatan hasil observasi, catatan hasil wawancara, dokumentasi. Sedangkan data sekunder yaitu Data sekunder penelitian ini adalah dari pembukuan wisata Lontar Sewu oleh BUMDES, jurnal penelitian wisata Lontar Sewu. Data primer diperoleh dari kepala desa Desa Hendrosari, pengelola wisata serta wisatawan Lontar Sewu, salah satu pegawai BUMDES, masyarakat yang memiliki usaha disekitar Wisata Lontar Sewu dan wisatawan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari BUMDES Lontar Sewu. Kemudian menganalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka dikemukakan hasil bahwa pengembangan objek wisata Lontar Sewu berupa daya tarik wisata, fasilitas wisata, aksesibilitas wisata dan lembaga pariwisata. Sedangkan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat berupa meningkatnya penghasilan masyarakat, pendidikan mudah dijangkau untuk keturunannya sampai dengan lulus SMA bahkan ke perguruan tinggi, Kondisi kesehatan masyarakat disekitar objek wisata cukup baik, tidak ada masyarakat yang mengalami gizi buruk. Pengembangan objek wisata Lontar Sewu terhadap kesejahteraan masyarakat lokal dinilai telah sesuai dengan prinsip Maqa>s{id al-Shari>’ah. Perlindungan terhadap agama sudah diterapkan secara benar dan sesuai hal ini dibuktikan melalui adanya fasilitas dan kegiatan keagamaan. Perlindungan terhadap jiwa sudah diterapkan secara benar dan sesuai hal ini dibuktikan dari terjaganya kesehatan wisatawan dan masyarakat sekitar. Perlindungan tarhadap akal sudah diterapkan secara benar dan sesuai hal ini dibuktikan melalui adanya peningkatan pendidikan generasi penerus setiap pelaku usaha. Perlindungan terhadap keturunan sudah dilakukan secara benar dan sesuai hal ini dibuktikan melalui terlibatnya anak muda dalam pengelolaan objek wisata. Perlindungan terhadap harta sudah diterapkan secara benar dan sesuai hal ini dibuktikan melalui penguatan perekonomian masyarakat melalui usaha yang halal. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan rekomendasi untuk pengelola objek wisata Lontar Sewu terkait upaya pengembangan yang belum dilakukan guna meningkatkan atensi wisatawan terhadap objek wisata Lontar Sewu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fortuna, Dilla Lutfiah08020420045@student.uinsby.ac.id08020420045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahmasadah789@gmail.com2105127801
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Pariwisata
Keywords: Kesejahteraan; Maqasid al Shariah; pengembangan; wisata
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dilla Lutfiah Fortuna
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:26
Last Modified: 04 Apr 2024 05:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69510

Actions (login required)

View Item View Item