Pola asuh anak balita di media sosial dalam tinjauan hukum Islam dan hukum positif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anfarodis, Muhamad Abror (2024) Pola asuh anak balita di media sosial dalam tinjauan hukum Islam dan hukum positif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Abror Anfarodis_C71219078 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Muhamad Abror Anfarodis_C71219078.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan skripsi yang terfokus pada pola asuh anak balita di media sosial yang mana memfokuskan pada platform Youtube dengan akun Ria Ricis Official dan Nikita Willy Official. Pola asuh merupakan peran penting dalam pembentukan karakter dan perkembangan anak. Melakukan pola asuh yang baik dan benar pada anak akan menimbulkan keharmonisan dalam pengasuhan terhadap anak. Islam mengajarkan agar mengasuh anak dengan penuh rasa kasih sayang dan perhatian yang baik, agar anak merasa nyaman berada dilingkungan sekitarnya. Penelitian ini menjawab rumusan masalah yang ditulis oleh peneliti. Pertama, Bagaimana deskripsi pola asuh anak di media sosial?, kedua, Bagaimana pola asuh anak balita di media sosial menurut hukum Islam dan hukum positif?. Penelitian ini menggunakan penelitian studi dokumen dengan pendekatan konten analisis. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit mengenai pola asuh anak balita di media sosial, selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan teori hukum Islam dan hukum positif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: Pertama, Pola asuh anak balita di media sosial menerapkan pola asuh demokratis, yang mana memberikan perlakuan yang baik serta penuh kasih sayang kepada anak balitanya. Dalam fiqih pun pola asuh yang diterapkan ini termasuk kedalam pola asuh yang tepat dikarenakan sesuai dengan kriteria usia anak dan sejalan dengan anjuran Rasulullah. Kedua, Dalam hukum Islam dan hukum positif terdapat aspek yang sama mengenai pola asuh anak balita, yang mana dengan memenuhi setiap hak untuk anak maka pola pengasuhan tersebut baik dan benar. Seperti dengan memenuhi hak kebutuhan dasar, hak pendidikan, hak kesehatan, hak perlindungan, dan hak keadilan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis menyarankan: pertama, Bagi orang tua hendaknya agar memberikan pola pengasuhan yang baik dan benar bagi anak, agar anak terutama pada usia balita tidak mengalami kurangnya rasa perhatian dan kasih sayang. Kedua, Agar dapat mempraktikan pola asuh yang benar orang tua diharuskan untuk mempelajari dan mengerti apa saja yang harus dilakukan dalam mengasuh anak. Sehingga akan timbul pola pengasuhan yang tepat bagi anak balita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anfarodis, Muhamad Abroraanfarodis41@gmail.comC71219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSumarkan, Sumarkan-2010086401
Subjects: Hukum Islam
Media Sosial
Orang tua dan Anak
Keywords: Anak balita; media sosial; hukum Islam; hukum positif
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Muhamad Abror
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:26
Last Modified: 04 Apr 2024 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69524

Actions (login required)

View Item View Item