Strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk usaha mikro penerima manfaat program kartu usaha perempuan mandiri (KURMA) di Desa Grinting Tulangan Sidoarjo perspektif etika bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Nurul (2024) Strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk usaha mikro penerima manfaat program kartu usaha perempuan mandiri (KURMA) di Desa Grinting Tulangan Sidoarjo perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Maulidiyah_08020420067.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Nurul Maulidiyah_08020420067_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan industri teknologi yang sangat pesat pada era digital harus diikuti dengan sikap yang bijak khususnya dalam hal berbisnis yakni memasarkan produk. Persaingan dalam dunia usaha menjadi tantangan untuk pelaku usaha mikro agar menjadikan produknya lebih berharga dibandingkan yang lain. Strategi yang efektif dan relevan dengan perkembangan zaman yakni strategi digital marketing sebab mampu menjangkau pasar secara luas, meminimalisir biaya promosi serta dapat meningkatkan penjualan. Demi keberlangsungan kegiatan pengelolaan usaha maka tidak boleh terlepas dari nilai-nilai Islam. Untuk mengetahui sejauh mana penerapan strategi digital dalam meningkatkan penjualan produk usaha mikro penerima manfaat serta etika berbisnis dalam Islam maka peneliti mengambil judul “Strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk usaha mikro penerima manfaat program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA) di desa Grinting Tulangan Sidoarjo perspektif etika bisnis Islam”. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dijabarkan dalam bentuk deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer bersumber dari pelaku usaha mikro penerima manfaat program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA) dan data sekunder bersumber dari catatan, daftar jenis usaha dan laporan keuangan secara sederhana. KURMA merupakan program pemerintah kabupaten Sidoarjo dalam membantu permodalan usaha mikro dengan target kader koperasi, kader PKK dan janda. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan data yang terpusat, penting dan valid.Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa pelaku usaha mikro telah menerapkan strategi digital marketing namun tidak semua memenuhi indikator yang ada yakni aksebilitas, interaktivitas, hiburan, kepercayaan dan informatif. Berbagai sikap memberikan dampak tersendiri terhadap keberlangsungan usaha kedepan termasuk dalam hal penjualan. Suatu usaha dapat dikatakan mengalami peningkatan penjualan apabila mencapai volume penjualan, mendapatkan laba tertentu dan menunjang pertumbuhan usaha. Sebagaian besar telah mengalami peningkatan penjualan serta perkembangan usaha yang lebih baik dari tahun ke tahun. Adapun penerapan etika bisnis Islam yang ada menunjukkan bahwa pelaku usaha mikro dalam menjalankan usaha serta menerapkan strategi digital marketing tidak menentang dengan syariah Islam dan memenuhi lima prinsip yakni kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggungjawab dan kebajikan. Adapun saran kepada pelaku usaha mikro penerima program Kartu Usaha Perempuan Mandiri (KURMA) yakni tetap mengikuti pelatihan dan memperhatikan proses pendampingan yang telah dilakukan oleh pihak pemerintah kabupaten Sidoarjo guna menjaga kestabilan dan mampu bertahan dalam persaingan usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Nurulnurulmaulidiyah786@gmail.com08020420067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Jual Beli
Pemasaran
Etika
Keywords: Digital marketing; peningkatan penjualan; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Maulidiyah
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:17
Last Modified: 05 Apr 2024 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69526

Actions (login required)

View Item View Item