Desain komunikasi visual Instagram @nuonlinejatim sebagai media dakwah: analisis semiotika Ferdinand De Saussure

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annafsi N.A KH, M. Jihad (2024) Desain komunikasi visual Instagram @nuonlinejatim sebagai media dakwah: analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Jihad Annafsi N.A KH_04040120096 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
M. Jihad Annafsi N.A KH_04040120096 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana makna elemen dan karakter desain komunikasi visual pada akun Instagram @nuonlinejatim sebagai media dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna elemen dan karakter desain komunikasi visual Instagram @nuonlinejatim sebagai media dakwah. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penulis menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif teks media yakni semiotika model Ferdinand De Saussure. Data yang diperoleh merupakan dari hasil dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu desain komunikasi visual akun Instagram @nuonlinejatim menunjukkan bahwa konten yang disajikan secara obyektif sesuai dengan prinsip Nahdlatul Ulama dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Poster-poster informatif yang berkaitan dengan dakwah Islam serta kehadiran konten yang mengikuti trend menunjukkan upaya dalam menyampaikan pesan dakwah dengan cara yang relevan dan menarik. Pemilihan ilustrasi, tipografi, warna, garis dan bentuk, mencerminkan karakteristik masyarakat Nahdlatul Ulama dan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah. Secara keseluruhan, desain komunikasi visual @nuonlinejatim mencerminkan nilai-nilai dan pola pikir moderat yang dipegang oleh organisasi dan masyarakatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annafsi N.A KH, M. Jihadjihad21kh@hotmail.com04040120096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, AbdullahUNSPECIFIED2017126501
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Media
Keywords: Desain komunikasi visual; Instagram @nuonlinejatim; media dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. Jihad Annafsi N.A KH
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:42
Last Modified: 01 Apr 2024 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69532

Actions (login required)

View Item View Item