Implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Urfa Nailatus (2024) Implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Urfa Nailatus Sa'diyah_06020320055.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Urfa Nailatus Sa'diyah_06020320055_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah di MIN 2 Lamongan, bagaimana kinerja guru di MIN 2 Lamongan, bagaimana implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Lamongan dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Lamongan. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Komite Sekolah, Guru dan Siswa. Obyek penelitian ini adalah implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan. Data penelitian diperoleh mengenai observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun permasalahan yang akan peneliti kembangkan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan? 2) Bagaimana peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan? 3) Bagaimana Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan? 4) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lamongan? Hasil akhir dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa : (1) Dalam penerapan manajerialnya kepala madrasah melakukan perencanaan kebutuhan guru, melakukan proses rekrutmen dan seleksi guru, melakukan pembinaan dan pengembangan keprofesionalan guru, dan memberikan kesejahteraan bagi guru di MIN 2 Lamongan; (2) kinerja guru di MIN 2 Lamongan sudah berjalan dengan maksimal, guru membuat RPP dan silabus; melaksanakan pembelajaran dengan kreatif dan inovatif sesuai materi dan karakter siswanya, melaksanakan penilaian dan menindaklanjuti hasil pembelajaran serta guru aktif mengembangkan dirinya menjadi guru professional dengan mengikuti workshop maupun pelatihan secara mandiri; (3) implementasi kompetensi manajerial kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru, dilakukan dengan pembagian jobdesk sesuai kualifikasi guru, kepala madrasah juga melakukan PKG yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali, (4) faktor pendukung seperti kapasitas atau kemampuan manajerial kepala madrasah, lingkungan yang mendukung, kompetensi dan dedikasi guru, faktor penghambat seperti: dana, dan miss komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Urfa Nailatussakdiyahnayla2@gmail.com06020320055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Kompetensi manajerial kepala madrasah; kinerja guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: urfa naila sakdiyah
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:35
Last Modified: 04 Apr 2024 05:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69534

Actions (login required)

View Item View Item