Strategi promosi paket ibadah umroh dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya ditinjau dari etika bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Indi Rafiqa (2023) Strategi promosi paket ibadah umroh dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya ditinjau dari etika bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indi Rafiqa Amalia_G74219102.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Indi Rafiqa Amalia_G74219102_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Promosi Paket Ibadah Umroh Dalam Upaya meningkatkan Jumlah Jamaah PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya Perdan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi paket ibadah umroh sebagai upaya peningkatan jumlah jamaah PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya dan ditinjau berdasarkan etika bisnis islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Sumber data yang didapatkan melalui proses wawancara kepada beberapa pihak PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya dan alumni jamaah yang telah menggunakan jasanya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwasannya dalam memasarkan paket ibadah umroh PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya menggunakan strategi bauran promosi dengan empat variabel (Periklanan, Penjualan Personal, Publisitas, dan Promosi Penjualan) sebagai upaya meningkatkan program penjualan yang berdampak pada perkembangan jumlah jamaah, dan perusahaan telah memahami nilai-nilai etika dalam berbisnis sehingga dari kegiatan promosi yang dijalankan telah memenuhi kelima aksioma dasar etika bisnis islam (Kesatuan, Keseimbangan, Kehendak Bebas, Bertanggungjawab, dan Ihsan). Dengan memperhatikan etika para pelaku bisnis tentu akan berperilaku baik yang dapat menghindarkan dari kebatilan dan mendatangkan kesejahtaeraan antar sesamanya. Saran yang bersesuaian dengan hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya dapat mengembangkan dan memaksimalkan strategi promosi dan tetap berpegang pada nilai moral dan etika dalam melakukan kegiatan bisnisnya sesuai syariat agar mendatangkan keuntungan dunia dan akhirat nantinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Indi Rafiqarafiqaamalia0611@gmail.comG74219102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho’illah, Akhmad Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Subjects: Ekonomi Islam
Etika
Keywords: Strategi promosi; etika bisnis Islam; PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indi Rafiqa Amalia
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:15
Last Modified: 04 Apr 2024 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69536

Actions (login required)

View Item View Item