Analisis dampak ekonomi dan sosial masyarakat akibat kemacetan lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robiah, Arifah Anisyatur (2023) Analisis dampak ekonomi dan sosial masyarakat akibat kemacetan lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifah Anisyatur Robiah_G71219035 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (7MB)
[img] Text
Arifah Anisyatur Robiah_G71219035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Transportasi diperlukan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Dengan semaki tinggi pertumbuhan punduduk dalam suatu wilayah maka semakin meningkat pula permintaan akan transportasinya. Namun apabila pada wilayah tersebut memiliki ketersediaan transportasi umum yang aman dan nyaman tidak mengimbangi besar mobilitas penduduk akan menimbulkan konsumsi masyarakat akan kendaraan bermotor pribadi menjadi meningkat dan tidak diimbangi dengan pertambahan Panjang jalan. Hal tersebut menyebabkan volume kendaraan melebihi kapasitas jalan dan pada akhirnya menimbulkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak ekonomi dan sosial yang dirasakan bagi masyarakat di Kabupaten Sidoarjo akibat kemacetan lalu lintas yang seringkali terjadi. Peneliti menggunakan penelitian lapangan guna mendukung pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara pengamatan langsung pada lokasi penelitian serta melakukan wawancara secara mendalam kepada beberapa narasumber yang setiap harinya bekerja dengan melewati titik-titik kemacetan yang menjadi lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat mendapatkan informasi secara langsung terkait dampak ekonomi dan sosial akibat kemacetan yang terjadi. Hasil penelitian menujukkan kemacetan dapat menimbulkan waktu tempuh ke tempat tujuan semakin lama karena lalu lintas yang tersendat. Kerugian ekonomi yang paling dirasakan bagi pengguna jalan yaitu meningkatnya pengeluaran untuk pembelian bahan bakar. Penggunaan waktu yang lebih lama dapat berpotensi hilang pendapatan bagi pengguna jalan yang bekerja. Selain itu, kemacetan juga dapat menciptakan pengeluaran tambahan seperti biaya kerusakan kendaraan dan biaya tambahan untuk pembelian konsumsi dan vitamin bagi pengguna jalan. Hasil penelitian ini juga menujukkan dampak sosial yang disebabkan oleh kemacetan yaitu kehilangan waktu, kelelahan, stress, bising, tidak nyaman saat berkendara, konsentrasi yang berkurang, polusi udara yang dihirup akibat gas emisi yang terbuang serta bagi pekerja yang sering terkena kemacetan dapat berdampak pada produktifitas mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robiah, Arifah Anisyaturanisyatur24@gmail.comG71219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi
Lalu Lintas
Keywords: Dampak ekonomi dan sosial; masyarakat; kemacetan lalu lintas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Arifah Anisyatur Robiah
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:37
Last Modified: 05 Apr 2024 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69558

Actions (login required)

View Item View Item