Implementasi green economy CV Indigo Sejahtera perspektif maqashid syari'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Indria (2024) Implementasi green economy CV Indigo Sejahtera perspektif maqashid syari'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indria Maharani_08040420128.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Indria Maharani_08040420128_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Green economy pada suatu perusahaan merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti karena menjadi indikator penting bagi konsumen, pemerintah, pihak internal perusahaan, serta masyarakat dan lingkungan. Hal tersebut karena green economy dapat menjadi solusi atas permasalahan lingkungan yang terjadi dan dapat menjadi strategi dalam usaha perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi green economy CV Indigo Sejahtera dan menganalisis implementasi green economy CV Indigo Sejahtera perspektif maqashid syariʻah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di CV Indigo Sejahtera, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sumber data yang ada pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi green economy CV Indigo Sejahtera melalui aktivitas dan program kerja yang ada di CV Indigo Sejahtera sudah memenuhi ketiga indikator dalam green economy yakni karbon rendah dengan pemilihan bahan bakar dalam proses produksi di CV Indigo Sejahtera yang karbon rendah, efisiensi sumber daya dengan adanya mesin rancangan sendiri dan otomatisasi agar lebih efisien dengan tetap memperhatikan lingkungan, dan inklusif secara sosial dengan adanya pelatihan, kebijakan prosedur yang berkaitan dengan lingkungan, pemberian fasilitas untuk karyawan, dan pelibatan karyawan yang mengacu pada tiga konsep yaitu green city, green job, dan social responsibilities investment serta sepuluh prinsip green economy. Selain itu, kegiatan yang dilakukan telah memenuhi delapan nilai maqashid syariʻah yaitu Hifz Al-Din, Hifz Al-Insaniyyah Al-Insan, Hifz Al-Nafs, Hifz Al-Aql, Hifz Al-Nasl, Hifz Al-Kiyan Al-Ijtima’i, Hifz Al-Mal, dan Hifz Al-Bi’ah yang sesuai dengan aspek-aspek pelestarian lingkungan yang dipaparkan oleh Abd Al-Majid Al-Najjar. Penelitian ini memberikan saran kepada CV Indigo Sejahtera agar dapat melaksanakan tanggung jawab dan profesionalisme dalam menjalankan aktivitas bisnis terutama yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan dalam aktivitas operasional perusahaan dan sering mengadakan pelatihan atau seminar yang berhubungan dengan green economy agar sumber daya manusia yang ada di perusahaan bisa lebih mengerti dan menambah wawasan baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Indriaindriamaharani708@gmail.com08040420128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Lingkungan Hidup
Bisnis
Keywords: Green economy; CV Indigo Sejahtera; maqashid syariʻah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indria Maharani
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:14
Last Modified: 05 Apr 2024 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69567

Actions (login required)

View Item View Item