This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salsabila, Himaya Qotrun Nada (2024) Internalisasi nilai nilai pendidikan akhlak dalam kitab Akhlak lil Banat dan metode penanamannya pada santri TPI At-Tanwir Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Himaya Qotrun Nada Salsabila_D01219025 OK.pdf Download (482kB) |
|
Text
Himaya Qotrun Nada Salsabila_D01219025 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 June 2027. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya perilaku negatif masyarakat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari terutama dikalangan anak usia sekolah seperti tawuran, bullying, dan kemerosotan akhlak pada anak. Perilaku negatif tersebut menjadikan tanda bahwa dibutuhkannya sebuah pendidikan yang dapat merubah perilaku buruk menjadi lebih baik. Taman Pendidikan Islam At-Tanwir merupakan lembaga pendidikan yang didalamnya mengutamakan pembentukan kepribadian dan sikap mental peserta didik dengan menggunakan kitab akhlak lil banat dan kitab klasik lainnya yang nilai pendidikannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga santri berakhlakul karimah dan menjadi generasi penerus bangsa yang cemerlang. Tujuan penelitian ini yakni (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab akhlak lil banat (2) Untuk mengetahui metode penanaman nilai-nilai akhlak dalam kitab akhlak lil banat di TPI At-Tanwir (3) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab akhlak lil banat pada diri santri di TPI At-Tanwir. metode penelitian menggunakan metode kualitatif sehingga paparan data dan hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk narasi. Adapun pendekatan dari penelitian ini adalah deskriptif, mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab akhlak lil banat dan metode penanamannya terhadap santri TPI At-Tanwir. Sedangkan teknik pengambilan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, data akan dianalisis melalui beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) Nilai pendidikan akhlak dalam kitab akhlak lil banat antara lain sopan santun, kewajiban dan adab sehari-hari anak perempuan terhadap Allah, Nabi Muhammad, orang tua, kerabat, guru dan teman (2) Metode penanaman akhlak yang diterapkan oleh TPI At-Tanwir antara lain metode keteladanan, metode pembiasaan, metode kisah, metode nasehat dan metode hukuman (3) Internalisasi akhlak pada santri diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti sholat, membaca wirid dan shalawat, bertutur kata baik dan menjaga lingkungan tetap asri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Adab Bimbingan Belajar Iman Kepada Allah |
||||||||||||
Keywords: | Pendidikan akhlak; Kitab akhlak lil banat; Metode penanaman | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Maya qn Himaya Salsabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 01:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 01:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69572 |
Actions (login required)
View Item |