Gaya Bahasa Dakwah Husein Basyaiban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Muhammad Abdurrozaq Purnama (2024) Gaya Bahasa Dakwah Husein Basyaiban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abdurrozaq Purnama Zain_04040120103.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Abdurrozaq Purnama Zain_04040120103_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Abdurrozaq Purnama Zain, NIM 04040120103, 2023. Gaya Bahasa Dakwah Husein Basyaiban. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti perihal gaya bahasa yang digunakan Husein Basyaiban dalam dakwahnya, sehingga terdapat kedekatan dengan kaum milenial dalam penyampaian pesan dakwahnya. Dalam hal ini peneliti berfokus pada bagaimana gaya bahasa yang digunakan dalam dakwahnya dengan beberapa masalah yang diangkat seperti pilihan kata, nada suara serta struktur kalimat melalui observasi dan mencari informasi terkait proses yang dilakukan dalam menyampaikan pesan dakwahnya. Maka, peneliti menggunakan metode kualitatif yang dijelaskan secara mendalam berdasarkan hasil penelitian. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif guna mempelajari secara maksimal permasalahan yang diteliti sesuai dengan kejadian rill. Selain itu, data didapatkan dari hasil wawanara langsung kepada Husein Basyaiban selaku objek yang diteliti. Hasil dari analisis, ditemukan bahwa gaya bahasa berdasarkan pilihan kata yang sering digunakan adalah gaya bahasa percakapan. Gaya bahasa berdasarkan nada suara yang digunakan Husein Basyaiban adalah gaya bahasa sederhana. Serta gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang paling sering digunakan dalam menyampaikan pesan dakwahnya adalah gaya bahasa klimaks atau gradasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Muhammad Abdurrozaq Purnama--04040120103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Aliali.aziz@uinsby.ac.id2009065701
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Keywords: Gaya bahasa; dakwah; media sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Abdurrozaq Purnama Zain
Date Deposited: 16 Apr 2024 02:33
Last Modified: 16 Apr 2024 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69577

Actions (login required)

View Item View Item