Kontruksi berita konflik agraria Pulau Rempang pada jawapos.com dan tribunnews.com: analisis framing model Zhongdang Pan - Gerald M Kosicki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifa, Arofa Elvasana (2024) Kontruksi berita konflik agraria Pulau Rempang pada jawapos.com dan tribunnews.com: analisis framing model Zhongdang Pan - Gerald M Kosicki. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arofa Elvasana Hanifa_04040520100 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arofa Elvasana Hanifa_04040520100 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dalam melakukan pemberitaan setiap media massa selalu melakukan framing (pembingkaian) peristiwa yang diberikan berdasarkan prespektif dan ketertarikan dari media yang bersangkutan. Penelitian ini membahas menganai pembingkaian berita mengenai konflik agraria Pulau Rempang pada media JawaPos.com dan Tribunnews.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retorik dalam pemberitaan konflik Pulau Rempang terkait pembangunan Rempang Eco City pada media JawaPos.com dan Tribunnews.com. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, basis frame Urs Dahinden, dan pengelompokkan framing Shanti Iyengar. Dari penelitian yang dilakukan, menemukan hasil kesamaan framing yang digunakan JawaPos.com dan Tribunnews.com yakni pengemasan beritanya dalam episodic framing, dengan tujuan yang sama yakni agar berita lebih mudah di pahamai dan menarik pembaca lebih banyak lagi. Perbedaanya Jawapos.com menggunakan basis framing moral, etika, hukum dan ekonomi, sehingga pendekatan yang dilakukan oleh JawaPos.com mengarah pada pemberitaan dari sisi manakah yang menarik perhatian pembaca. Sedangkan Tribunnews.com menggunakan basis framing etika, moral, hukum dan kemajuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifa, Arofa Elvasanaarofaelvaa@gmail.com04040520100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEmeraldien, Fikry ZahriaUNSPECIFIED198908282020122016
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Framing; konflik agraria; JawaPos.com; Tribunnews.com
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Arofa Elvasana
Date Deposited: 19 Apr 2024 06:26
Last Modified: 19 Apr 2024 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69578

Actions (login required)

View Item View Item