Pengaruh pembelajaran project based learning (membuat bola dari bubur kertas) terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok A3 di TK Unggulan An-Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofariyah, Syahidah Sahda (2024) Pengaruh pembelajaran project based learning (membuat bola dari bubur kertas) terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok A3 di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahidah Sahda Shofariyah_06020920039 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Syahidah Sahda Shofariyah_06020920039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan motorik halus pada kelompok A3 di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penilaian yang didapat kemampuan motorik halus pada peserta didik belum optimal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning (membuat bola dari bubur kertas) pada kelompok A3 di TK Unggulan An-Nur Surabaya; (2) Bagaimana kemampuan motorik halus peserta didik pada kelompok A3 di TK Unggulan An-Nur Surabaya; (3) Bagaimana pengaruh Project Based Learning (membuat bola dari bubur kertas) pada kelompok A3 di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one-group Pre Test – Post Test Design. Subjek penelitian yang digunakan sejumlah 13 peserta didik pada kelompok A3 di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah: (1) analisis deskriptif; (2) hipotesis uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini adalah: Pada Pre Test dan Post Test dengan presentase hasil penilaian pada aspek ketepatan pemegangan gunting dalam kategori (BSB) dari 0% menjadi 31%, lalu kategori (BSH) dari 23% ke 46%. Kategori (MB) dari presentase 38% ke 23%, dan yang terakhir kategori (BB) dengan presentase 38% menjadi 0%. Jika pada aspek menggunting sesuai dengan garis pada kategori (BSB) presentase dari 0% menjadi 46%, lalu kategori (BSH) dari 0% menjadi 31%. Dan pada kategori (MB) dari 62% menjadi 23%, lalu kategori (BB) dengan presentase 38% menjadi 0%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofariyah, Syahidah Sahdataurussy4h1d4h@gmail.com06020920039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Anak
Bimbingan Belajar
Keywords: Project Based Learning; kemampuan; motorik halus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Syahidah Sahda Shofariyah
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:21
Last Modified: 02 Apr 2024 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69584

Actions (login required)

View Item View Item