Efektifitas konseling Islam melalui terapi syukur untuk mengatasi quarter life crisis pada orang dewasa awal di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atmagistri, Zidni Ilma (2024) Efektifitas konseling Islam melalui terapi syukur untuk mengatasi quarter life crisis pada orang dewasa awal di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zidni Ilma Atmagistri_04010320016 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Zidni Ilma Atmagistri_04010320016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas konseling islam melalui terapi syukur untuk mengatasi quarter life crisis pada orang dewasa awal di Surabaya. Fenomena quarter life crisis pada orang dewasa awal ini sudah menyebar luas berdasarkan hasil penelitian oleh para peneliti terdahulu, sehingga krisis ini perlu diatasi untuk mengurangi tingkat quarter life crisis di Indonesia terkhusus di Surabaya. Penelitian ini menggunakan Konseling Islam melalui Terapi Syukur sebagai salah satu solusi dari masalah krisis tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument penelitian untuk menilai tingkat quarter life crisis pada dewasa awal. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 orang anggota dan pengurus karang taruna di Kedurus Dukuh 1, Surabaya yang memiliki kategori tingkat quarter life crisis tinggi hingga sedang. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah nilai signifikansinya 0,009 di mana < 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa Ha Diterima dan Ho Ditolak. Dengan kata lain, maka penelitian ini Konseling Islam melalui Terapi Syukur efektif untuk mengatasi Quarter Life Crisis pada Orang Dewasa Awal di Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atmagistri, Zidni Ilmazidniilmaatmagistri@gmail.com04010320016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Psikologi Islam
Psikologi Sosial
Remaja
Keywords: Konseling Islam; terapi syukur; quarter life crisis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zidni Ilma Atmagistri
Date Deposited: 02 May 2024 03:22
Last Modified: 02 May 2024 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69611

Actions (login required)

View Item View Item