Pengaruh current ratio (cr), return on assets (roa), price to book value (pbv) dan inflasi terhadap harga saham

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khariroh, Fatwa Nur (2024) Pengaruh current ratio (cr), return on assets (roa), price to book value (pbv) dan inflasi terhadap harga saham. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatwa Nur Khariroh_08040220118 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fatwa Nur Khariroh_08040220118 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan perekonomian di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yaitu kegiatan pendanaan untuk mendukung kegiatan perekonomian. Untuk mendukung kegiatan pendanaan tersebut perusahaan harus menarik minat investor untuk berinvestasi. Diharapkan sebelum melakukan investasi, investor telah melakukan analisis rasio keuangan untuk mengetahui risiko dan keuntungan yang akan diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh current ratio, return on assets, price to book value dan inflasi terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan sampel pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Total sampel yang dilakukan pengujian berjumlah 232 sampel dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel yang diuji dengan menggunakan alat uji EViews versi 12.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa current ratio, return on assets dan inflasi tidak berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Sedangkan price to book value berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak investor agar memperhatikan rasio keuangan perusahaan sebelum melakukan investasi untuk mengeahui perolehan keuntungan dan risiko yang diperoleh. Selain itu, diharapkan perusahaan mengetahui pentingnya analisis fundamental perusahaan dan informasi yang dibutuhkan investor untuk menarik minat investor dalam berinvestasi pada perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khariroh, Fatwa Nur08040220118@student.uinsby.ac.id08040220118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma.suryani1091@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Keywords: CR; ROA; PBV; inflasi; harga saham
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Fatwa Nur Khariroh
Date Deposited: 19 Apr 2024 05:10
Last Modified: 19 Apr 2024 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69612

Actions (login required)

View Item View Item