Uji antibakteri ekstrak dan bakteri simbion spons laut (ptilocaulis marquezii) dari perairan Kendit terhadap bakteri escherichia coli

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Hanif, Yahya Abdillah (2022) Uji antibakteri ekstrak dan bakteri simbion spons laut (ptilocaulis marquezii) dari perairan Kendit terhadap bakteri escherichia coli. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yahya Abdillah Al Hanif_H94218051 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Yahya Abdillah Al Hanif_H94218051 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Manusia yang terjangkit penyakit infeksi umumnya akan melakukan pengobatan berupa terapi dengan antibiotik. Indonesia sangat banyak jenis spons namun ekspolrasinya hanya pada sebatas karakterisasi dan identifikasi beberapa jenis. Ketersediaan spons yang banyak pada perairan Kenditutamanya adalah Ptilocaulis marquezii dapat dimanfaakan ekstrak maupun bakteri simbionnya sebagai agen antibakteri. Perairan Kendit dipilih dikarenakan belum adanya studi terkait spons diperairan tersebut. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi aktivitas antibakteri ekstrak spons Ptilocaulis marquezii dan uji antagonis bakteri simbion spons Ptilocaulis marquezii terhadap pertumbuhan bakteri Eschercia coli, kandungan serta ioaktifitas senyawa yang terkandung dalam ekstrak kasar berdasarkan pegujian fitokimia. Pengujian antibakteri dan antagonis dilakukan menggunakan metode difusi cakram Kirby-Bauer test Didapatkan hasil adanya aktivitas antibakteri dengan konsentrasi terbesar 40% dengan zona hambat sebesar 9.5 mm dalam kategori sedang. Uji antagonis bakteri simbion spons Ptilocaulis marquezii menunjukkan adanya proses antagonis berupa menghambat pertumbuhan bakteri Eschercia coli, baik dari supernatan dan juga pellet masuk dalam kategori lemah karena ≤ 5 mm. bioaktivitas senyawa yang terkandung dengan pengujian fitokimia didapatkan hasil senyawa alkoloid dan triterpenoid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Hanif, Yahya Abdillahyahyaabdillahalhanif@gmail.comH94218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@gmail.com2024088903
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Keywords: Ptilocaulis marquezii; uji antibakteri; uji antagonis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Yahya Abdillah Al Hanif
Date Deposited: 16 Apr 2024 08:39
Last Modified: 16 Apr 2024 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69626

Actions (login required)

View Item View Item