Pengaruh media miniatur asmaul husna (MAH) terhadap minat belajar akidah akhlak peserta didik kelas IV di MINU Waru 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayanti, Alvina (2024) Pengaruh media miniatur asmaul husna (MAH) terhadap minat belajar akidah akhlak peserta didik kelas IV di MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvina Rahmayanti_06010720003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Alvina Rahmayanti_06010720003 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak. Minat belajar yang tinggi dapat menghasilkan potensi dan prestasi yang besar begitu pun sebaliknya jika minat belajar rendah maka dapat menghasilkan potensi dan prestasi belajar yang kurang baik. Penyampaian guru yang masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan tidak menggunakan media saat pembelajaran mengakibatkan minimnya minat belajar peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan media miniatur asmaul husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media miniatur asmaul husna terhadap minat belajar akidah akhlak peserta didik kelas IV di MINU Waru 1 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian (Pre Eksperimental Design) dengan menggunakan One Grub Pretest postest design. Variabel X dalam penelitian ini adalah media miniatur asmaul husna sedangkan variabel Y adalah minat belajar peserta didik di kelas IV MINU Waru Sidoarjo. Pada sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berbentuk Angket (Pretest dan Postest) dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti telah mengumpulkan data sebanyak 30 peserta didik. Teknik analisis data terdiri atas deskriptif data, uji normalitas, uji heterokedastisidas dan uji t. Berdasarkan hasil Uji T yang telah dilakukan maka didapat nilai signifikasi (Sig. 2-Tailed) sebesar 0,000 atau dapat dikatakan kurang dari < 0.05. maka dengan ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media miniatur asmaul husna terhadap minat belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas IV di MINU Waru 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayanti, Alvinavinarahma359@gmail.com06010720003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Minat Siswa
Pendidikan > Media
Keywords: Media Miniatur Asmaul Husna; Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alvina Rahmayanti
Date Deposited: 07 May 2024 05:12
Last Modified: 07 May 2024 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69638

Actions (login required)

View Item View Item