Pengelolaan aset Wakaf dari konsumtif ke produktif di Kabupaten Sidoarjo: Perspektif MasLaḥah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hatta, Moh (2022) Pengelolaan aset Wakaf dari konsumtif ke produktif di Kabupaten Sidoarjo: Perspektif MasLaḥah. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Hatta_F03416084 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Moh. Hatta_F03416084 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Disertasi ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan kemampuan mayoritas umat Islam tentang pemahaman orientasi wakaf, baik tata kelola ataupun peruntukannya. Latar belakang ini berwujud dua persoalan yang mendorong penelitian ini, yaitu mekanisme pengelolaan aset wakaf dari konsumtif ke produktif di Sidoarjo dan pengelolaan aset wakaf dari konsumtif ke produktif di Sidoarjo ditinjau dari perspektif konsep wakaf dan maṣlaḥat. Sesuai dengan dua persoalan tersebut, penelitian ini masuk dalam kategori kajian lapangan (field research) dengan penekanan data pada penelitian lapangan dan hasil wawancara. Observasi yang diimplementasikan berperan sebagai penguat data hasil wawancara lapangan. Penyuguhan data pada kajian ini dilakukan secara kualitatif, analisis kritis, interpretasi dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pola yang digunakan dalam mengelola harta wakaf di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama desa Durungbedug kecamatan Candi dan pengelolaan masjid Bayt al-Su’ada>, Desa Sumokali, Kecamatan Candi, kabupaten Sidoarjo ini adalah pola yang sudah terhitung produktif, baik dalam perspektif konsep wakaf maupun mas}laḥah karena sistem pengelolaannya yang telah beralih dari konsumtif menjadi produktif, dalam berbagai aspek, kepemimpinan, operasional pemberdayaan, pola pemanfaatan hasil, sistem pengawasan dan evaluasi, serta sistem pertanggungjawaban. Untuk mewujudkan produktifitas dalam pengelolaan aset wakaf, maka perlu terus dibangun kepercayaan publik, ditingkatkan kapasitas dan kompetensi pihak yang menerima harta benda wakaf untuk dikelola (na>zir), literasi dan edukasi perwakafan, dan harmonisasi antar lembaga dan perundang-undangan yang berlaku, juga ditingkatkan sosialisasi pentingnya pemanfaatan teknologi dan platform digital, baik untuk meningkatkan kesadaran berwakaf, untuk pengelolaan wakaf maupun pelaporan pemanfaatan wakaf. Melalui pemanfaatan teknologi digital tersebut, transparansi dan pengelolaan wakaf dan kredibilitas pengelola wakaf akan semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hatta, Mohhattamuhammad644@gmail.comF03416084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hadi, Abu Azamabuazam1958@gmail.com2012085801
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Wakaf
Keywords: Pengelolaan Aset Wakaf; Konsumtif; Produktif, Perspektif Maslahah
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Muhamamd Hatta
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:05
Last Modified: 04 Apr 2024 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69642

Actions (login required)

View Item View Item