Perencanaan sumber daya manusia pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, M. Alfian (2023) Perencanaan sumber daya manusia pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Alfian Kurniawan_B94217049 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
M. Alfian Kurniawan_B94217049 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan Sumber Daya Manusia pada Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro. Selain itu juga untuk mendeskripsikan proses Perencanaan Sumber Daya Manusia pada Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif digunakan sebagai cara yang praktis unutk menjabarkan dan menjelaskan peran kepemimpinan dalam pengambilan keputusan. Kemudian, teknik pengumpulan data menggunakan cara triangulasi data. Cara tersebut dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah perencanaan sumber daya manusia bagi Kementerian Agama Bojonegoro merupakan unsur utama yang harus dilakukan pada Bimbingan Masyarakat Islam. Adapun tujuannya yaitu agar tidak adanya tumpang tindih saat pegawai menjalankan tugasnya. Prinsip Bimbingan Masyarakat Islam adalah harus mempunyai kompetensi yang berkualitas, harus mampu menjadi sebuah alternatif yang baik, harus bisa mengoptimalkan waktu, tenaga kerja, biaya saat menjalankan tugas. Kemudian Kementerian Agama Bojonegoro telah melakukan proses perencanaan sumber daya manusia pada Bimbingan Masyarakat Islam telah berjalan dengan baik. Pertama, Sumber daya manusia yang berkualitas pada Bimbingan Masyarakat Islam ialah harus mengetahui job description dengan jelas, mencari berbagai informasi, mengoperasikan teknologi, dan memenuhi kriteria yang ada dalam SOP. Kedua, sistem pengawasan Bimbingan Masyarakat Islam terlihat dari anggotanya bekerja dengan jujur, mampu menjalankan tugas, dapat melihat kompetensi pegawai, dan mampu mengambil keputusan. Sistem pengawasan Bimbingan Masyarakat Islam diawasi oleh negara secara tidak langsung melalui hasil kinerja yang dilakukannya. Ketiga, proses evaluasi kinerja dilakukan ketika terjadi kesalahan pada berbagai hal terkait suatu kegiatan maupun organisasi dengan melakukan koordinasi antar pegawai. Evaluasi dilakukan secara bersama-sama, sehingga kesalahan yang telah terjadi tidak akan terulang kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, M. Alfiankurniawanalfian474@gmail.comB94217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdurrahman, Mufti Labibmuftilabib@gmail.com2002016401
Subjects: Sumber Daya Manusia
Keywords: SDM; Sumber daya manusia; Pembagian tugas pegawai
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: M. Alfian Kurniawan
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:33
Last Modified: 05 Apr 2024 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69647

Actions (login required)

View Item View Item