Pengaruh produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, upah minimum terhadap tingkat pengangguran terbuka di kawasan Gerbangkertasusila Tahun 2015-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Ridwan (2024) Pengaruh produk domestik regional bruto, jumlah penduduk, upah minimum terhadap tingkat pengangguran terbuka di kawasan Gerbangkertasusila Tahun 2015-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ridwan Maulana_08040120100.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ridwan Maulana_08040120100_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, Upah Minimum Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka Di Kawasan Gerbangkertasusila Tahun 2015-2022” bertujuan mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka yakni Produk Domestik Regional Bruto, jumlah penduduk, dan upah minimum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan regresi data panel, sehingga dapat diestimasi menggunakan tiga model, yaitu Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), dan Random Effect Model (REM). Untuk mendapatkan model terbaik dilakukan dua uji, yaitu uji Chow dan uji Hausman. Pada penelitian ini ditemukan model terbaiknya yaitu Fixed Effect Model. Hasil penelitian dengan persamaan model analisis regresi data panel yaitu TPT = 150,003 - 16,659 LogPDRBit + 11,943 LogJPit + 13, 454 LogUMKit + e. Yang membuktikan bahwa secara parsial ketiga variabel yakni PDRB, jumlah penduduk, dan upah minimum berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka. Sedangkan, secara simultan berpengaruh signifikan yang sebesar 77 persen antara variabel PDRB, jumlah penduduk, dan upah minimum terhadap tingkat pengangguran terbuka. Pemerintah diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran terbuka dengan lebih memperhatikan tingkat jumlah penduduk yang mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka dengan meningkatkan skill yang dimiliki dari setiap individunya. Perlunya memperluas lapangan kerja, serta dapat mengurangi ledakan jumlah penduduk dengan mengadakan sosialisasi keluarga berencana, risiko menikah muda di seluruh daerah secara merata karena jika angka jumlah penduduk dapat ditekan maka tingkat pengangguran terbuka juga ikut berkurang dengan itu dapat mengurangi jumlah pengangguran terbuka di kawasan Gerbangkertasusila.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Ridwan28maulanaa07@gmail.com08040120100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, AbdulHakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Ekonomi
Pengangguran
Upah Minimum
Keywords: Tingkat pengangguran terbuka; produk domestik regional bruto; jumlah penduduk; upah minimum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ridwan Maulana
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:45
Last Modified: 16 Apr 2024 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69673

Actions (login required)

View Item View Item