Analisis perilaku remaja pada penggunaan aplikasi Tiktok di Desa Mojorejo Kec. Pungging Kab. Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakkiyah, Nur Afifatuz (2024) Analisis perilaku remaja pada penggunaan aplikasi Tiktok di Desa Mojorejo Kec. Pungging Kab. Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afifatuz Zakkiyah_10010320017 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nur Afifatuz Zakkiyah_10010320017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran terkait dampak dari pengaplikasian aplikasi Tik Tok pada sikap atau perilaku dari remaja secara khusus di wilayah desa mojorejo Kabupaten Mojokerto. Metode yang diaplikasikan pada kajian ini yakni menggunakan desain kualitatif secara deskriptif dengan mengaplikasikan upaya pengumpulan data dalam bentuk dokumentasi. Berdasar data yang ada di lapangan pengkaji menghadirkan suatu bentuk perilaku dalam aplikasi Tik Tok. Hasil penelitian menemukan bahwa remaja dalam menggunakan Aplikasi Tiktok untuk mengekspresikan diri, mencari hiburan dan melepas rasa bosan, serta hanya sekedar menonton video. Perilaku remaja yang bermain Tiktok ditemukan dari segi sosialnya seperti: interaksi langsung antara remaja terhadap orang tua dan masyarakat menjadi berkurang diganti dengan interaksi melalui via online bersama orang lain dan mengucapkan kata yang tidak pantas.Sedangkan dari segi religuitasnya seperti: lalai dalam melaksanakan shalat, namun disisi lain aplikasi Tiktok membuat remaja berperilaku lebih baik. Kebanyakan orang tua berpandangan bahwa aplikasi Tiktok tidak membina perilaku remaja, namun ada juga yang berpendapat bahwa aplikasi Tiktok memberikan pengaruh baik yaitu menambah wawasan keagamaan dan kreativitas remaja. Perilaku remaja dalam penggunaan aplikasi TikTok dapat bervariasi, tetapi beberapa pola umum termasuk penggunaan yang intens, eksposur terhadap konten yang mungkin tidak sesuai, dan interaksi sosial yang luas. Beberapa remaja mungkin menghabiskan banyak waktu untuk membuat dan menonton video, sementara yang lain mungkin terpengaruh oleh tren dan norma yang berkembang di platform tersebut. Adapun dampaknya, bisa termasuk pengaruh terhadap pola tidur, kesehatan mental, dan citra tubuh, tergantung pada bagaimana penggunaan aplikasi tersebut diatur dan diimbangi oleh pengawasan dan pemahaman yang tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakkiyah, Nur Afifatuzafifatuzzakkiyahnur@gmail.com10010320017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Muhammadmoh.shodiq@uinsa.ac.id2023047502
Subjects: Media Sosial
Remaja
Keywords: Aplikasi Tiktok; perilaku remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Afifatuz Zakkiyah
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:26
Last Modified: 19 Apr 2024 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69714

Actions (login required)

View Item View Item