Manajemen survival pengelolaan program tahfidzul quran: studi komparasi di MA Tarbiyatut Tholabah dan MA Al-Fathimiyah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Khoridatul (2024) Manajemen survival pengelolaan program tahfidzul quran: studi komparasi di MA Tarbiyatut Tholabah dan MA Al-Fathimiyah Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoridarul Azizah_02040822029 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Khoridarul Azizah_02040822029 Full.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Manajemen Survival Pengelolaan Program Tahfidzul Quran merupakan suatu bentuk pendekatan atau strategi yang diterapkan oleh Lembaga untuk tetap eksis dalam mengatsi tantangan dan persaingan atas program Tahfidzul Quran oleh Lembaga lain. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan program Tahfidzul Quran di MA Tarbiyatut Tholabah dan MA Al-Fathmiyah Lamongan. 2) mendeskripsikan manajemen survival pengelolaan program Tahfidzul Quran di MA Tarbiyatut Tholabah dan MA Al-Fathmiyah Lamongan. 3) mendeskripsikan perbedaan manajemen survival pengelolaan program Tahfidzul Quran di MA Tarbiyatut Tholabah dan MA Al-Fathmiyah Lamongan. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Lokasi penelitian di MA Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan dan MA Al-Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan. Peneliti menjadi instrument dalam pengumpulan dan analisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) observasi kegiatan pembelajaran Tahfidz, 2) wawancara, subjek yang terlibat di MA Tarbiyatut Tholabah sebanyak 4 orang yaitu kepada kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator tahfidz dan guru tahfidz, sedangkan di MA Al-Fathimiyah sebanyak 6 orang yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, kepala LPTQ dan 3 guru tahfidz dan 3) dokumentasi kegiatan. Teknik analisis menggunakan metodenya Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) program Tahfidzul Quran di MA Tarbiyatut Tholabah merupakan program baru yang dijadikan sebagai jurusan unggulan yaitu kelas program Takhassus Tahfidz. Sedangkan program Tahfidzul Quran di MA Al-Fathimiyah merupakan program wajib dari pondok, bukan sebuah jurusan melainkan program yang inklud dengan pondok. 2) manajemen survival pengelolaan program tahfidz di MA Tarbiyatut Tholabah dikelola dan dikendalikan oleh lembaga sendiri dengan berbagai program kegiatan yang dapat menunjang kualitas dan kuantitas hafalan anak. Sedangkan manajemen survival pengelolaan program tahfidz di MA Al-Fathimiyah dikendalikan oleh LPTQ dan dilaksanakan pada Lembaga formal dengan berbagai program kegiatannya. 3) program tahfidz di MA Tarbiyatut Tholabah dipegang dan dikendalikan langsung oleh Lembaga formal namun terintegrasikan dengan pondok. Sedangkan di MA Al-Fathimiyah, Lembaga formal sebagai pelaksana program tahfidz dari LPTQ milik Yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Khoridatulkhoridapudhink42@gmail.com02040822029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Aliali.masud@uinsby.ac.id2023016301
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Subjects: Manajemen Pendidikan
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Al Qur'an
Keywords: Manajemen Survival: Tahfidzul Quran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Azizah
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:04
Last Modified: 25 Apr 2024 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69726

Actions (login required)

View Item View Item