Strategi marketing politik non petahana dalam pemenangan pemilihan Kepala Desa Suruh Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo Tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprayana, Dita Aisyah (2023) Strategi marketing politik non petahana dalam pemenangan pemilihan Kepala Desa Suruh Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Aisyah Suprayana_I71218046 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dita Aisyah Suprayana_I71218046 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini. Pertama,bagaimana strategi marketing politik non petahana dalam pemenangan pemilihan kepala desa Suruh kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo tahun 2022. Kedua, apa saja faktor yang mendukung dan menghambat kemenangan non petahana pada pemilihan kepala desa Suruh kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo tahun 2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menjelaskan fenomena kemenangan non petahana terpilih pada pilkades di desa Suruh adalah teori marketing politik milik Philib B Niffenegger. Temuan penelitian ini meliputi, pertama strategi marketing politik yang digunakan oleh kandidat non petahana ialah kandidat non petahana dapat mengemas produk yang menarik, lalu menyusun strategi promosi yang efektif, kemudian mengelola fundraising (pengumpulan dana kampanye dan menggunakannya secara tepat), dan merumuskan metode dan saluran kampanye kandidat secara pribadi ke pemilih. Pengemasan produk meliputi rekam jejak masa lalu kandidat dan karakteristik personal kandidat pada masa lalu. Strategi promosi yang efektif meliputi kontak kandidat langsung kepada pemilih, menggaet pihak lain untuk dukungan pemilih, membangun citranya melalui media. Menyusun pembiayaan yang tepat meliputi penggalian dana sampai pengelolaan operasionalisasi dana. Merumuskan metode dan saluran kampanye personal meliputi kepribadian jujur dan ramah kandidat non petahana, dukungan dari para tokoh berpengaruh. Faktor pendukungnya meliputi citra positif yang dibangun dan ditampilkan oleh kandidat non petahana, antitesa dari kepala desa sebelumnya yang memiliki citra yang kurang baik, dikenal oleh masyarakat Suruh karena kepribadiannya yang jujur dan ramah, dukungan dari para tokoh berpengaruh di desa Suruh, tim sukses yang bekerja secara sistematis dan terstruktur, dukungan pembiayaan dana kampanye dari pengusaha Suruh, lalu program/promosi kampanye yang konsisten dan di rencanakan dari 1 tahun sebelumnya. Faktor penghambatnya meliputi intimidasi dari kandidat politik lain, praktik ilmu/dukun yang dilakukan oleh kandidat lainnya untuk dapat memenangkan pilkades, ajakan dari kandidat lainnya untuk keluar saat hari tenang sebelum melakukan pencoblosan, hubungan kekerabatan dengan petahana yang citranya tidak bagus, latar belakang kandidat non petahana yang dulunya sebagai petani dan tamatan sekolah menengah pertama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprayana, Dita Aisyahash.subhi10@gmail.comI71218046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Kepala Desa
Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Strategi Marketing Politik; Non Petahana; Pilkades.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Dita Aisyah Suprayana
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:17
Last Modified: 23 Apr 2024 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69727

Actions (login required)

View Item View Item