Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak TK Muslimat NU Bunga Harapan sumberwudi karanggeneng lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masqiyah, Fakhriana (2024) Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak TK Muslimat NU Bunga Harapan sumberwudi karanggeneng lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fakhriana Masqiyah_06020920021 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fakhriana Masqiyah_06020920021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Berawal dari fenomena yang ada yaitu adanya perubahan kurikulum di Indonesia dari kurikulum 2013 ke dalam kurikulum merdeka yang diterapkan oleh TK Muslimat NU Bunga Harapan Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Perubahan kurikulum tersebut membuat pihak sekolah melakukan penyesuaian dalam penerapannya. Penelitian ini penting karena meneliti bagaimana penerapan kurikulum merdeka apalagi di sekolah penggerak, sehingga nantinya dapat memberikan gambaran tentang pernerapan tersebut untuk kemudian dapat dijadikan evaluasi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Fenomena tersebut menjadi latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak dan apakah ada kendala, serta apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penerapan kurikulum tersebut.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan tenaga pendidik. Adapun 4 teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) Pengumpulan data melalui observasi dengan mengobservasi perangkat dan pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan, melalui wawancara dengan narasumber mengenai implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak, dan melalui dokumentasi dengan mengumpulkan bukti-bukti terkait data yang dikumpulkan. (2) Penyajian data yaitu menyajikan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disajikan secara tertulis maupun rekaman suara. (3) Reduksi data yaitu dengan memilah data-data yang dikumpulkan untuk kemudian disesuaikan dengan tujuan penelitian. (4) Simpulan: verifikasi yaitu memahami makna dari data yang dikumpulkan untuk kemudian dijelaskan lebih detail. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak mengalami perubahan pada perangkat, pelaksanaan metode, media pembelajaran, dan asesmen. (2) Kelebihan dan kekurangan yang dirasakan adalah pendidik bebas mengelola pembelajaran sesuai dengan kondisi dan lebih berinovasi, peserta didik menjadi lebih aktif, akan tetapi kekurangan yang paling dirasakan adalah tuntunan menguasai teknologi disamping keterbatasan pendidik yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masqiyah, Fakhrianafakhrianamasqiyah@gmail.com06020920021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Anak
Keywords: Kurikulum Merdeka; Sekolah Penggerak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fakhriana Masqiyah
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:23
Last Modified: 24 Apr 2024 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69729

Actions (login required)

View Item View Item