Pengaruh metode Samiyyah Syafahiyyah terhadap kemampuan berbicara Bahasa Arab di MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhany, Angie Wulan (2024) Pengaruh metode Samiyyah Syafahiyyah terhadap kemampuan berbicara Bahasa Arab di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Angie Wulan Ramadhany_06040720064 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Angie Wulan Ramadhany_06040720064 full.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini yaitu pembelajaran bahasa Arab di kelas 4 MINU Ngingas belum menggunakan metode Sam’iyyah Syafahiyyah dalam proses pembelajaran kemampuan berbicara. Di samping itu menunjukkan juga bahwa minimnya siswa yang minat belajar bahasa Arab dikarenakan beberapa faktor yaitu bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit, kurangnya rasa percaya diri yang menyebabakan siswa malu saat berbicara bahasa arab di depan kelas. Selain itu siswa belum terbiasa berbicara bahasa Arab dengan benar di depan kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kemampuan berbicara bahasa Arab kelas IV di MINU Ngingas Waru sebelum dan sesudah metode Sam’iyyah Syafahiyyah digunakan. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode Sam’iyyah Syafahiyyah terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas IV di MINU Ngingas Waru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen dengan menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design yaitu terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini dilakukan tes sebelum perlakuan atau disebut dengan pretest, dan tes sesudah perlakuan atau disebut dengan postest yakni pada ranah kognitif dilakukan sebanyak satu kali pertemuan untuk mengetahui kestabilan nilai yang diperoleh dan peningkatan nilai peserta didik. Teknik dalam analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum dilakukanya perlakuan pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata pretest 50,00 dan postest 65, 68, Sedangkan setelah dilakukanya perlakuan menunjukkan nilai rata-rata pretest 56,93 dan postest 86,44. 2) Hasil uji normalitas dengan signifikasi 0,200 > 0,05. Hasil uji homogenitas signifikasi 0,096 > 0,05 dan hasil uji-t dengan signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya signifikasinya lebih kecil 0,05 dimana ditolak, sehingga metode Sam’iyyah Syafahiyyah berpengaruh positif terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab di kelas IV MINU Ngingas Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhany, Angie Wulanachmadandramaullana@gmail.com06040720064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, TaufiqUNSPECIFIED2002027303
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Keterampilan
Keywords: Metode Sam’iyyah Syafahiyyah; kemampuan berbicara; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Angie Wulan Ramadhany
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:40
Last Modified: 19 Apr 2024 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69731

Actions (login required)

View Item View Item