Analisis penerapan target costing pada supply chain sebagai upaya cost reduction: studi kasus CV Mutiara Rizki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Effendi, Farah Sabrina (2024) Analisis penerapan target costing pada supply chain sebagai upaya cost reduction: studi kasus CV Mutiara Rizki. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Sabrina Effendi_08020220061 ok.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Farah Sabrina Effendi_08020220061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Target costing merupakan metode penetapan biaya produksi yang didasari oleh penentuan harga yang kompetitif dan laba yang diharapkan. Dalam mencapai efisiensi dan efektivitas produk yang tinggi perusahaan harus melakukan reduksi pada biaya tanpa menurunkan kualitas produk maupun merubah standart yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan analisa penerapan target costing dengan didukukung analisa aktivitas pada supply chain sebagai upaya cost reduction pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus yang dilakukan di CV Mutiara Rizki. Data yang digunakan untuk diolah dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, dokumentasi serta observasi yang kemudian diolah dan dianalisa sehingga ditarik kesimpulan. Hasil penenlitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan target costing biaya produksi yang sebelumnya berjumlah Rp 391.828.000 berkurang menjadi Rp 363.870.158 atau berkurang sebesar 7% dan laba awal perusahaan yang berkisar antara 18% setelah menerapkan metode target costing CV Mutiara Rizki dapat mencapai target laba yang diinginkan yaitu 20%, bahkan melebihi target hingga 22%. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada CV Mutiara Rizki untuk menerapkan metode target costing. Dengan menerapkan metode ini, perusahaan dapat mencapai penghematan biaya dan meningkatkan profitabilitas. Perusahaan juga sebaiknya mengevaluasi kembali terkait aktivitas-aktivitas produksi dan mereduksi aktivitas-aktivitas yang tak bernilai tambah (non value added activity).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Effendi, Farah Sabrinafrsabrinaef@gmail.com08020220061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id2028088702
Subjects: Akuntansi
Keywords: Target costing; value engineering; supply chain; cost reduction
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Farah Sabrina Effendi
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:38
Last Modified: 19 Apr 2024 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69732

Actions (login required)

View Item View Item