Pengaruh penerapan metode bercerita tema islami terhadap pembentukan karakter peduli sosial pada anak usia dini kelompok b di RA Insan Cendekia Dukuh Kupang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iktamalannisa, Nurma (2023) Pengaruh penerapan metode bercerita tema islami terhadap pembentukan karakter peduli sosial pada anak usia dini kelompok b di RA Insan Cendekia Dukuh Kupang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurma Iktamalannisa_D99219060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nurma Iktamalannisa_D99219060_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk membentuk karakter peduli sosial pada anak usia dini menggunakan metode bercerita tema Islami dikarenakan pembelajaran yang diterapkan pada RA Insan Cendekia masih monoton dan membuat bosan anak. Selain itu karakter pada setiap peserta didik di RA Insan Cendekia mulai terkikis sehingga membuat jati diri pada setiap peserta didik menghilang seperti sering melakukan hal-hal yang dapat menyakiti teman. Untuk selanjutnya diharapkan pendidik dapat menerapkan metode yang menarik untuk pembelajaran kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan pada karakter peduli sosial pada peserta didik yang menerapkan metode bercerita tema islami dan peserta didik yang menggunakan metode konvensional atau ceramah sehingga dapat diketahui pengaruh metode bercerita tema Islami terhadap karakter peduli sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment Posttest-only design. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian antar teman. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji statistika Uji Independent Sampel T-test. Dengan subyek penelitian peserta didik kelompok B yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 8 anak kelompok kontrol dan 8 anak kelompok eksperimen, dengan total 16 peserta didik. Lokasi penelitian ini bertempat di RA Insan Cendekia. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari perhitungan SPSS versi 25, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita tema Islami terhadap pembentukan karakter peduli sosial pada anak usia dini kelompok B di RA Insan cendekia. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai Sig. (2-tailed) 0,003 lebih kecil dari nilai Probsbility 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode bercerita tema Islami dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bercerita tema Islami terhadap pembentukan karakter peduli sosial pada anak usia dini kelompok B di RA Insan Cendekia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iktamalannisa, Nurmaiktamalannisanurma@gmail.comD99219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Anak
Cerita Nabi
Metode Pembelajaran
Keywords: Metode bercerita tema Islami; karakter peduli sosial; penilaian antar teman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurma Iktamalannisa
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:31
Last Modified: 22 Apr 2024 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69741

Actions (login required)

View Item View Item