Pengaruh peer attachment terhadap subjective well-being pada santri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Laila Shobibatur (2023) Pengaruh peer attachment terhadap subjective well-being pada santri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Shobibatur Rohmah_J71217074.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Laila Shobibatur Rohmah_J71217074_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 April 2027.

Download (3MB)

Abstract

Subjective well-being merupakan penilaian individu terhadap kebahagiaan dirinya sendiri yang didapat melalui evaluasi terhadap afek positif, afek negatif, dan juga berdasarkan kejadian-kejadian dalam hidupnya. Suatu kelompok yang semestinya mempunyai subjective well-being yang tinggi yakni pesantren di pondok, sebab mempunyai tatacara pendidikan dan norma yang berlainan dengan yang lain maka berpengaruh terhadap kesejahteraannya. Salah satu factor yang mempengaruhi Subjective Well Being adalah Peer Attachment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Peer Attachment terhadap Subjective Well-Being pada Santri di pondok pesantren. Subjek dalam penelitian ini adalah santri yang tinggal di pondok pesantren dengan teknik yang digunakan Purposive Sampling, sebesar 195 responden. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatf korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunkan skala likert dengan pengujian data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara peer attachment dengan subjective wellbeing. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara peer attachment terhadap subjective well-being santri khusunya di pondok pesantren. Saran peneliti, santri yang tinggal di pondok pesantren harus memiliki kualitas Subjective well-being yang memadai, karena Subjective well being ini merupakan faktor yang penting, dengan adanya kesejahteraan hidup yang baik maka akan meningkat pula kebahagian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Laila Shobibaturlailashrr01@gmail.comJ71217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnany--0027027604
Subjects: Santri
Keywords: Peer attachment; subjective well-being; santri; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Laila Rohmah
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:20
Last Modified: 19 Apr 2024 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69744

Actions (login required)

View Item View Item