Salat sebagai terapi mengatasi anxiety disorder dalam perspektif hadis: kajian ma‘ani al-hadith riwayat Sunan al Nasai nomor indeks 3939 dengan pendekatan psikoterapi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahidin, Ahmad (2023) Salat sebagai terapi mengatasi anxiety disorder dalam perspektif hadis: kajian ma‘ani al-hadith riwayat Sunan al Nasai nomor indeks 3939 dengan pendekatan psikoterapi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Wahidin_E75219049.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ahmad Wahidin_E75219049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2027.

Download (5MB)

Abstract

Fenomena anxiety disorder (gangguan kecemasan) merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang bisa mengganggu kehidupan sehari-hari baik kehidupan keluarga, lingkungan, maupun pekerjaan. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya tekanan hidup kemudian pada akhirnya mengalami depresi dan frustasi maka perlu adanya pengobatan yang bisa mengatasi hal tersebut, untuk itu dalam penelitian ini akan membahas salah satu terapi yang bisa mengobati anxiety yaitu dengan salat, karena di dalamnya membuat hati dan pikiran menjadi tenang dan tenteram sesuai dengan hadis riwayat Sunan al-Nasa‘i nomor indeks 3939 yang dihubungkan dengan pendekatan psikoterapi Islam. Dari rumusan masalah terdapat beberapa tujuan penelitian, pertama menentukan kualitas dan ke-hujjah-an riwayat Sunan al-Nasa‘i nomor indeks 3939, kedua menjelaskan pemaknaan hadis riwayat Sunan al-Nasa‘i nomor indeks 3939, ketiga menjelaskan implikasi salat sebagai terapi dalam upaya mengatasi anxiety disorder dengan pendekatan psikoterapi Islam. Penelitian ini mengunakan model kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan dan mengunakan metode deskriptif serta mengunakan kajian Ma‘ani al-Hadith dengan sumber utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sunan al-Nasa‘i, Tadhib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal, al-Qur’an serta buku-buku dan jurnal ilmiah lainnya yang mendukung tema penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah hadis riwayat Sunan al-Nasa‘i nomor indeks 3939 berkualitas hasan lidhatihi, dan hadis ini termasuk hadis maqbul ma‘mul bih atau bisa dijadikan hujjah dan dapat diamalkan. Dalam hadis ini dijelaskan bahwa Rasulullah tidak mencintai dunia kecuali istri-istri-Nya, menyukai wewangian dan yang paling membahagiakan Nabi sampai menyejukkan hati ada dalam salat, dari hal ini salat sangat cocok untuk dijadikan sebagai terapi dalam mengatasi gangguan kecemasan karena orang yang terkena anxiety perlu kedamaian jiwa, dan hati yang tenang dari rasa khawatir yang berlebihan, tekanan hidup dan kurangnya bahagia dalam menjalani hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahidin, Ahmadalwahid1453@gmail.comE75219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Salat
Hadis
Keywords: Hadis; anxiety disorder; terapi salat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ahmad Wahidin
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:12
Last Modified: 22 Apr 2024 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69765

Actions (login required)

View Item View Item