Pengorganisasian ibu-ibu PKK melalui urban farming di kampung Progo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Banowati, Miranda (2022) Pengorganisasian ibu-ibu PKK melalui urban farming di kampung Progo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miranda Banowati_B02217020 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Miranda Banowati_B02217020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pendampingan pada Ibu-Ibu PKK dalam menciptakan lingkungan hijau melalui urban farming di Kampung Progo sebuah wilayah kawasan di Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Pendampingan ini dilakukan dalam memaksimalkan asset, ada banyak asset yang ditemukenali yaitu pekarangan yang terbatas dan di biarkan begitu saja meski beberapa sudah menanami pohon seperti pohon manga dan jambu, namun pekarangan yang terbatas itu juga dapat dimanfaatkan dengan menanami berbagai macam tanaman seperti sayuran dan rempah-rempah. Inovasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh Ibu-Ibu PKK agar dapat menambah kebutuhan sehari-hari selain membuat lingkungan asri dan indah. Pendampingan ini dilakukan dengan metode pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Metode pendekatan ABCD ini mempunyai 5 tahapan yaitu Define, Discovery, Dream, Design, Destiny. Berawal dari tahap pertama dari program ini dengan melakukan identifikasi pada asset-asset yang dimiliki oleh Kampung Progo, kemudian proses selanjutnya adalah menceritakan cerita sukses dan keberhasilan pada masa lampau yang dimiliki oleh setiap individu sehingga dapat mengembangkan asset yang telah dimiliki, selanjutnya setelah terbangun mimpi maka proses dilanjutkan dengan pastisipatif bersama mitra dampingan untuk merancang program berupa pemanfaatan lahan pekarangan, proses ini dilakukan dalam waktu kurang lebih 3 bulan, dan kemudian menghasilkan perubahan dari lahan pekarangan. Hasil dari program ini adalah perubahan yang menjadi lebih produktif yaitu memanfaatkan lahan pekarangan dengan cara pertanian perkotaan melalui sistem urban farming dengan di tanami sayuran dan rempah-rempah contohnya seperti jeruk purut, daun bawang merah, temulawak, dan lain sebagainya yang di produksi oleh Ibu-Ibu PKK sehingga mendapatkan tambahan pendapatan harian, selain itu dengan adanya program yang di lakukan oleh Ibu-Ibu PKK dapat menciptakan lingkungan hijau dan bersih di tengah perkotaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Banowati, Mirandab02217020@uinsby.ac.idB02217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Pendampingan masyarakat; aset; lingkungan hijau; urban farming
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miranda Banowati
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:29
Last Modified: 26 Apr 2024 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69788

Actions (login required)

View Item View Item