Modal sosial sebagai strategi bertahan hidup bagi pedagang pasar tradisional dalam menghadapi perkembangan e-commerce: studi di pasar DTC Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Nur Cholilah Suci Indah (2024) Modal sosial sebagai strategi bertahan hidup bagi pedagang pasar tradisional dalam menghadapi perkembangan e-commerce: studi di pasar DTC Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Cholilah Suci Indah Cahyani_10010320018 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Cholilah Suci Indah Cahyani_10010320018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji tentang Dampak yang dialami oleh pedagang di tengah perkembangan e-commerce di pasar tradisional DTC Wonokromo Surabaya dan Bagaimana modal sosial sebagai strategi bertahan hidup bagi pedagang dipasar tradisional DTC Wonokromo dalam menghadapi perkembangan e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana modal sosial sebagai strategi bertahan hidup bagi pedagang di pasar tradisional DTC Wonokromo dalam menghadapi perkembangan e-commerce.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis data deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang berkaitan pada penelitian Modal Sosial sebagai Strategi Bertahan Hidup bagi pedagang pasar Tradisional dalam menghadapi perkembangan E-commerce ini menggunakan Teori modal sosial milik Robert D. Putnam. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pedagang di pasar tradisional DTC Wonokromo mengalami penurunan pembeli dan pendapatan akibat adanya perkembangan e-commerce. (2) pedagang di pasar tradisional DTC Wonokromo merasa kalah bersaing akibat adanya perkembangan e-commerce karena e-commerce menawarkan harga yang terjangkau dan kemudahan akses yang diberikan. (3) pedagang di pasar tradisional DTC Wonokromo menggunakan modal sosial sebagai strategi bertahan hidup dalam menghadapi perkembangan e�commerce, yang mencakup kepercayaan, jaringan sosial, dan norma sosial. Kepercayaan ditanamkan melalui upaya mempertahankan kualitas produk, memberikan pelayanan yang baik serta memberikan informasi yang jelas dan jujur. Pedagang juga memanfaatkan jaringan sosial dengan distributor, pelanggan dan pengelola pasar. jaringan dengan distributor meliputi, menjaga hubungan baik dengan distributor untuk memastikan kualitas barang dan di perbolehkan membayar secara tunai atau mencicil. jaringan dengan pelanggan meliputi membuka toko online, menjaga hubungan baik dengan kurir, memberikan persenan dan potongan harga. jaringan pengelola pasar meliputi, mengedukasi pedagang, bekerja sama dengan pihak lain dan menjadi stokis bulog sedangkan norma sosial meliputi, penetapan harga barang dagangan yang dilakukan oleh pedagang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Nur Cholilah Suci Indahnurcholilahsuciindah@gmail.com10010320018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahfisip0103@gmail.com2001037701
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Keywords: Modal Sosial; Pedagang; Pasar Tradisional; E-Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Cholilah Suci Indah Cahyani
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:08
Last Modified: 23 Apr 2024 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69792

Actions (login required)

View Item View Item