Interpretasi makna simbolik dalam warisan budaya Reog di Desa Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Maghfiro, Erlina (2024) Interpretasi makna simbolik dalam warisan budaya Reog di Desa Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlina Al Maghfiro_07010220005 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Erlina Al Maghfiro_07010220005 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang warisan budaya Reog yang terdapat di Desa Cemandi. Reog Cemandi merupakan salah satu bentuk perlawanan masyarakat desa terhadap para penjajah yang hendak menarik pajak di Desa Cemandi. Dalam kebudayaan ini simbol yang digunakan memiliki pemaknaan yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa jenis dan makna kesenian berdasarkan simbol yang digunakan dalam kesenian budaya Reog Cemandi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan antropologi agama. Sedangkan teori yang digunakan sebagai rujukan analisis dalam penelitian adalah teori Interpretasi Simbolik oleh Clifford Geertz. Interpretasi simbolik merupakan teori untuk menemukan makna dari sebuah symbol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesenian Reog Cemandi menggunakan dua enis topeng dengan bentuk simbol yang berbeda, yaitu topeng Banongan Lanang yang disimbolkan warna merah yang bermakna keberanian. Sedangkan, pada Banongan Wadon dengan dasar warna putih yang bermakna kesucian. (2) Makna dan unsur yang terkandung dalam kesenian budaya Reog Cemandi diinterpretasikan secara simbolik melalui sesaji, topeng, alat musik, dan busana. Kesenian budaya Reog Cemandi terus dilestarikan untuk menjaga makna kearifan lokal berdasarakan sejarah di Desa Cemandi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Maghfiro, Erlinaerlinaalmaghfiro29@gmail.com07010220005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Subjects: Agama
Budaya
Keywords: Budaya; Interpretasi Simbolik; Kesenian Reog Cemandi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Erlina Al Maghfiro
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:13
Last Modified: 24 Apr 2024 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69822

Actions (login required)

View Item View Item