Analisis penerapan green banking dalam mencapai sustainable finance di PT. Bank Syariah Indonesia TBK area Surabaya Raya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Feni (2024) Analisis penerapan green banking dalam mencapai sustainable finance di PT. Bank Syariah Indonesia TBK area Surabaya Raya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feni Febrianti_08020420047 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Feni Febrianti_08020420047.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingginya permasalahan lingkungan yang terjadi tidak luput dari akibat kegiatan industri. Kerusakan yang ditimbulkan mengakibatkan ancaman perubahan iklim, pemanasan global, dan penurunan kesejahteraan manusia. Hal ini menjadi pendorong bagi sektor keuangan dan perbankan untuk membuat komitmen dalam rangka peduli lingkungan yang dikenal dengan istilah green banking. Konsep green banking adalah perbankan yang menekankan penerapan keberlanjutan dalam penyaluran keuangan dan kegiatan operasional yang mampu mencapai sustainable finance sehingga menciptakan keselarsan ekonomi, lingkungan dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi green banking dalam mencapai sustainable finance di PT Bank Syariah Indonesia Area Surabaya Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dari hasil observasi dan wawancara langsung bersama Area Operation Service Manager (AOSM). Sumber data sekunder yang didapatkan dari dari Sustainability Report, dan Standar Operasioanal Prosedur (SOP). Indikator kegiatan green banking yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Green Product, Green Operation, Green Customer dan Green Policy dan indikator implementasi sustainable finance yang digunakan meliputi tiga prioritas sustainable finance. Hasil penelitian ini Bank Syariah Indonesia Area Surabaya Raya telah menerapkan green banking dengan cukup baik berdasarkan indikator penelitian yaitu Green Product, Green Operation, Green Customer dan Green Policy. Dari penerapan green banking yang telah dilakukan dapat mencapai sustainable finance sesuai dengan tiga prioritas sustainable finance sehingga didapatkan bahwa di Bank Syariah Indonesia Area Surabaya Raya telah mengupayakan menerapkan green banking dengan baik dan mampu mencapai 7 dari 10 penerapan green banking dalam indikator sustainable finance. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pihak Bank Syariah Indonesia Area Surabaya Raya untuk tetap melaksanakan penerapan green banking dan diharapakn terus melakukan peningkatan dengan mempertegas Standar Operasioanal Prosedur (SOP), pemberian reward dan sanksi bagi karyawan, dan bersinergi dalam penyaluran dana CSR perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Feni08020420047@student.uinsby.ac.id08020420047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryam.iqbal@uinsby.ac.id199103162019031013
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Keywords: Green banking; sustainable finance; Bank Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: feni febrianti febrianti
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:54
Last Modified: 23 Apr 2024 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69823

Actions (login required)

View Item View Item