Analisis revenue berdasarkan hasil penjualan produk telkom menggunakan Web Partner Indibiz: studi kasus pada PT Telkom Margoyoso Surabaya Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Afrisal Rico (2024) Analisis revenue berdasarkan hasil penjualan produk telkom menggunakan Web Partner Indibiz: studi kasus pada PT Telkom Margoyoso Surabaya Utara. Undergraduate thesis, UIN SUnan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afrisal Rico Setiawan_08040220103 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Afrisal Rico Setiawan_08040220103 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pendapatan umumnya dikenal sebagai revenue. Revenue merupakan bagian penting dari total penghasilan suatu perusahaan. Bagi sebagian besar perusahaan, Sumber pendapatan utama suatu bisnis adalah penjualan produksinya, atau barang dan jasa, yang diwakili oleh jumlah arus masuk kotor. Oleh karena itu, analisis revenue bagi perusahaan besar seperti telkom menjadi salah satu topik yang menarik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami analisis revenue berdasarkan hasil penjualan produk Telkom menggunakan web partner Indibiz atau WPI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus merupakan pendekatan untuk mengeksplorasi kehidupan nyata, dengan beragam system terbatas (berbagai kasus). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang dilakukan penelitian secara langsung di Pt Telkom Margoyoso Surabaya Utara, kemudian melakukan wawancara secara terstruktur kepada tiga informan, yang mana informan tersebut ialah Head of Representative Office Margoyoso, Supervisor, dan Off 3 finance & Collection. Dan melakukan dokumentasi untuk memperkuat data penelitian. Teknik analisis datanya menggunakan teknik dari Miles and Huberman. Uji validitas data menggunakan Triangulasi sumber dimana melibatkan pengumpulan dan evaluasi data dari berbagai sumber untuk menguji data terkait analisis revenue. Hasil penelitian adalah analisis revenue berdasarkan hasil penjualan produk Telkom menggunakan Web Partner Indibiz (WPI) menunjukkan revenue hasil penjualan produk Indibiz mengalami penurunan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan tersebut diantaranya produk Indibiz yang masih baru, banyak masyarakat yang belum mengenal produk Indibiz, jumlah sales force sedikit, strategi pemasaran yang digunakan masih sering kali berubah-ubah. Penulis mendapatkan temuan baru bahwa strategi untuk meningkatkan revenue dapat dilakukan 4 hal berikut: pertama, memberikan promo atau diskon pada para pelanggan untuk menarik perhatian dalam rangka memperkenalkan produk Indibiz kepada masyarakat, kedua meningkatkan sales fee agar banyak sales yang bersedia memasarkan Indibiz lebih banyak lagi di wilayah Indonesia, terutama di Indonesia, ketiga memberikan harga yang kompetitif dan terjangkau bagi masyarakat, keempat memberikan pelayanan dengan baik dan responsif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Afrisal Ricorikoaku736@gmail.com08040220103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Pemasaran
Informasi
Konsumen
Keywords: Web Partner Indibiz (WPI); Revenue; Penjualan Produk
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Afrisal Rico Setiawan
Date Deposited: 30 Apr 2024 12:05
Last Modified: 30 Apr 2024 12:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69829

Actions (login required)

View Item View Item