Analisis penalaran adaptif peserta didik dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan tahap creative problem solving dibedakan berdasarkan gaya belajar Kolb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Audytia, Prasticia Wahyu (2024) Analisis penalaran adaptif peserta didik dalam menyelesaikan masalah open-ended dengan tahap creative problem solving dibedakan berdasarkan gaya belajar Kolb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prasticia Wahyu Audytia_D74217062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Prasticia Wahyu Audytia_D74217062.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penalaran adaptif adalah cara berpikir logis mengaitkan konsep dan situasi yang tidak hanya membuat kesimpulan saja, namun memberikan argumen dan menguji argumen. Gaya belajar yang berbeda-beda dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik untuk memahami dan menghadapi masalah open-ended (converger, diverger, assimiliator, dan accomodator). Tahapan penyelesaian masalah yang digunakan yaitu creative problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran adaptif peserta didik dalam menghadapi masalah open-ended dengan tahap creative problem solving dibedakan berdasarkan gaya belajar Kolb. Penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif yang melibatkan 8 subjek, dan masing-masing 2 subjek diambil untuk gaya belajar converger, diverger, assimiliator, dan accomodator dari SMP Nusantara Krian kelas VIII-A dan VIII-C. Setelah data penelitian dikumpulkan, indikator penalaran adaptif digunakan untuk menganalisis data. Metode pengumpulan data yang digunakan termasuk tes tertulis untuk mengukur kemampuan subjek dalam penalaran adaptif dan wawancara untuk memperkuat hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik dengan gaya belajar converger memiliki kemampuan untuk memenuhi semua indikator penalaran adaptif dalam menyelesaikan masalah open-ended. (2) Peserta didik dengan gaya belajar assimiliator memiliki empat indikator penalaran adaptif yang mampu memenuhi dan satu indikator yang kurang mampu memenuhi. (3) Peserta didik dengan gaya belajar accommodator kurang mampu memenuhi empat indikator penalaran adaptif dan satu indikator tidak mampu memenuhi. (4) Peserta didik dengan gaya belajar diverger hanya kurang mampu memenuhi satu indikator penalaran adaptif dan empat indikator lainnya tidak mampu memenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Audytia, Prasticia Wahyuprasticiawahyu29@gmail.comD74217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Penalaran adaptif; open-ended; creative problem solving; gaya belajar Kolb
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Prasticia Wahyu Audytia
Date Deposited: 02 May 2024 07:49
Last Modified: 02 May 2024 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69856

Actions (login required)

View Item View Item