Pengaruh self-regulated learning dan hardiness terhadap stres akademik santri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahyaturraja, Achmad Williyansyah (2023) Pengaruh self-regulated learning dan hardiness terhadap stres akademik santri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Williyansyah Ahyaturraja_J91219084 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Williyansyah Ahyaturraja_J91219084 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2027.

Download (775kB)

Abstract

Self-regulated learning dan hardiness dapat membantu siswa untuk menurunkan tingkat stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning dan hardiness dengan stres akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menyertakan subjek sebanyak 260 santri di Darul ‘Ulum Jombang dari berbagai asal sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik teknik probability sampling dengan jenis pengambilan sampel purposive sampling. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan yaitu, Student-Life Stress Inventory (SSI), Self-Regulation Strategy Inventory—Self-Report (SRSI-SR) dan Dispositional Resilience Scale (DSR-15). Hipotesis diuji menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning dan hardiness masing-masing menujukkan pengaruh yang signifikan terhadap menurunnya stres akademik. Demikian pula, dengan self-regulated learning dan hardiness yang secara bersama-sama berpengaruh terhadap stres akademik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahyaturraja, Achmad Williyansyahachmadw1ll1yansyah@gmail.comJ91219084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Lufiana Harnanylufianaharnany2017@gmail.com0027027604
Subjects: Psikologi
Pesantren
Psikologi Belajar
Psikologi > Self Regulated Learning
Keywords: Stres akademik; self-regulated learning; hardiness
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Achmad Williyansyah Ahyaturraja
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:21
Last Modified: 30 Apr 2024 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69868

Actions (login required)

View Item View Item