Analisis kecerdasan spiritual dan sosial anak yatim dhuafa di Sanggar Genius dan Al Quran Yatim Mandiri Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farikhin, Muhammad (2023) Analisis kecerdasan spiritual dan sosial anak yatim dhuafa di Sanggar Genius dan Al Quran Yatim Mandiri Pasuruan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Farikhin_02050821050 ok.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Farikhin_02050821050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan spiritual dan sosial sangat penting bagi setiap anak untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan kecerdasan tersebut, anak-anak mampu mengambil makna dalam setiap peristiwa yang terjadi dan dapat bersosialisasi dengan orang lain yang ada di sekitar lingkungannya. Salah satunya melalui pendidikan di luar sistem persekolahan yaitu sanggar. Sanggar Genius merupakan program pendidikan nonformal bagi anak-anak yatim dan dhuafa di jenjang sekolah dasar yang diselenggarakan oleh Laznas Yatim Mandiri Pasuruan. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial anak yatim dan dhuafa, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan spiritual dan sosial anak yatim dan dhuafa di sanggar Yatim Mandiri Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan. Informan dalam penelitian ini, yaitu kepala cabang, staff program, dua guru genius, dan dua anak binaan Yatim Mandiri Pasuruan. Adapun analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, display data, memverifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kecerdasan spiritual anak-anak yatim dan dhuafa di sanggar Yatim Mandiri Pasuruan meliputi berdzikir dan berdoa, bersikap fleksibel dan tawadhu’, optimis, tanggung jawab dan dislipin, serta memiliki kualitas sabar. 2) kecerdasan sosial anak-anak yatim dan dhuafa di sanggar Yatim Mandiri Pasuruan dapat diketahui melalui lima kemampuan penting diantaranya kasadaran situasional, kemampuan membawa diri, autentisitas, kejelasan, dan empati. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan spiritual dan sosial anak-anak yatim dan dhuafa yaitu: faktor internal meliputi kondisi fisologis dan psikologis pada diri anak seperti bakat, minat, motivasi, kecerdasan, dan sikap. Selain itu, faktor dari karakter religius dan status sosial yang berbeda-beda. Faktor eksternal meliputi keluarga, lingkungan sanggar, peran guru sanggar, sarana prasarana atau fasilitas sanggar yang cukup membantu, media informasi yang semakin berkembang, dan pengaruh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farikhin, Muhammadmfarikh09@gmail.com02050821050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Bimbingan Belajar
Kecerdasan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Spiritualisme
Keywords: Kecerdasan; spiritual; sosial; yatim dhuafa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Farikhin
Date Deposited: 03 May 2024 03:05
Last Modified: 03 May 2024 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69875

Actions (login required)

View Item View Item